Kanal

Kenduri Kolaborasi Kreasi di Bengkalis, Eddy Yatim : Pelaku Industri Kreatif Harus Kuasai Pemasaran

BENGKALIS - Dinas Pariwisata Provinsi Riau menggelar kegiatan  Acara Kenduri Kolaborasi kreasi dilaksanakan di Kabupaten Bengkalis  dari tanggal 9 -11 November 2023. Kegiatan ini selain menampilkan pameran produk ekonomi kreatif juga menjadi ajang penampilan pertunjukan seni dan budaya di negeri junjungan tersebut. 

Pembukaan acara Kenduri Kolaborasi Kreasi yang berlangsung Kamis malam, 9 November 2023, berlangsung semarak. Bupati Bengkalis Kasmarni yang diwakili Staf Ahli bidang SDM dan Kemasyarakatan, setdakab Bengkalis Johansyah Syafri  dan tamu kehormatan, memukul kompang tanda dibukanya acara Kenduri Kolaborasi kreasi di Kabupaten Bengkalis, Kamis 9 November 2023 

memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. 

"Kami menyambut baik diselenggarakannya kegiatan Kenduri Kolaborasi Kreasi ini karena dapat mendorong para pelaku UMKM dan pelaku ekonomi kratif di Bengkalis dapat terus meningkatkan produksi dan karya mereka," ujar Johansyah. 

Dikatakannya, Bupati Bengkalis memberikan perhatian serius dalam upaya pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif karena merupakan salah satu penopang perekonomian yang penting di daerah tersebut. Pemkab Bengkalis juga banyak membuat program pemberdayaan dan pelatihan bagi pelaku UMKM agar dapat terus tumbuh dan berkembang. 

"Kepada pelaku ekonomi kreatif peserta Expo Produk Ekonomi Kreatif 2023 untuk terus berkreasi dan menciptakan produk-produk baru, memperbaiki kekurangan untuk peningkatan kualitas sehingga dapat bersaing dengan produk yang sejenis dari daerah lain," harap Johan. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada Dinas Pariwisata Provinsi dan anggota DPRD Riau Dapil Bengkalis Pak Eddy A Moh Yatim yang menginisiasi kegiatan ini," tambah Johan. 

Selain pameran produk UMKM dan pertunjukan seni budaya, ajang Kenduri Kolaborasi Kreasi juga diisi dengan kegiatan workshop fotografi, desain grafis dan membatik. Warga Bengkalis juga dapat menyaksikan acara nonton bareng beberapa film pendek karya anak-anak muda Bengkalis pada Jumat malam tanggal 10 November 2023. 

Secara terpisah anggota DPRD Riau Dapil Bengkalis Pak Eddy A Moh Yatim mengungkapkan, kegiatan Kenduri Kolaborasi kreasi yang merupakan program dari Pokok Pikirannya sebagai wakil rakyat dari Kabupaten Bengkalis memang merupakan salah satu aspirasi dari konstituennya di daerah tersebut. Dalam kegiatan reses tahun lalu, banyak warga Bengkalis, khususnya pelaku UMKM dan ekonomi kreatif, meminta terus diberikan pelatihan dan peningkatan kapasitas. 

"Saya melihat Bengkalis punya potensi yang besar di bidang ekonomi kreatif jika para pelaku UMKM dan ekonomi kreatifnya terus dimotivasi dan dibina untuk berkembang tentu akan meningkatkan perekonomian daerah," ujarnya. 

Di era digital seperti sekarang, sambung Eddy, semua pelaku usaha punya peluang yang sama karena dapat menjangkau pasar yang luas melalu e-comerce. "Kuasai digital marketing, perkuat kualitas produk, pasti mampu bersaing," pesannya. 

Turut hadir Kadiparbud Pora Provinsi Riau diwakili Jafung bidang Ekraf Jhoni, Ketua BCN Riza Zuhelmi, Kepala Desa (Kades) Wonosari Suswanto serta tamu undangan lainnya.***

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER