Kanal

Gol Indah, Akrobatik Shaqiri Dibanjiri Pujian

XHERDAN Shaqiri berhasil menciptakan panggungnya sendiri saat Swiss menghadapi Polandia. Walaupun akhirnya Swiss harus mengakui keunggulan Polandia dalam adu penalti. Tapi sebuah hiburan karena Swiss gagal bertahan lebih lama di Piala Eropa.

Harapan Swiss untuk lolos ke babak perempatfinal melambung di menit 82 dalam laga yang bergulir di Stade Geoffroy Guichard, Saint Etienne, Sabtu (25/6/2016) malam WIB. Sebuah gol indah yang dibuat Shaqiri menjadi penyama kedudukan 1-1 dengan Polandia setelah sempat tertinggal oleh gol Jakub Blaszczykowski.

Dari sapuan bek Polandia, Shaqiri yang berada di luar kotak penalti menyambutnya dengan tendangan gunting yang cukup keras. Bola bergulir ke pojok kanan bawah gawang Lukasz Fabianski.

Opta mencatat gol itu menjadi gol pertama Shaqiri di turnamen mayor sejak membuat hattrick ketika Swiss menghadapi Honduras dua tahun lalu. Sejauh ini Shaqiri bersama timnas Swiss telah mencetak gol empat kali dalam turnamen mayor. Dia cuma kalah dari legenda Swiss, Josep Huegi, (enam gol).

Selain itu, gol tersebut sekaligus mengakhiri clean sheet Polandia dalam Piala Eropa kali ini alias setelah tak kebobolan selama 456 menit. Dengan hasil itu, cuma gawang Jerman yang masih perawan. Laga tersebut juga cukup menarik dengan terciptanya 39 peluang dalam 90 menit pertandingan. Peluang-peluang itu lima lebihnya ketimbang pertandingan-pertandingan lain di Piala Eropa kali ini.

Tendangan Shaqiri itupun dibanjiri pujian dari publik lewat sosial media. Salah satunya, klub Shaqiri, Stoke City yang 'numpang' bangga dengan aksi ciamik salah satu pemainnya itu.(dtc/rt)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER