Kanal

Selamat Ulang Tahun Pak Habibie

JAKARTA - riautribune :Tanggal 25 Juni merupakan hari yang penting bagi BJ Habibie. Tepat hari ini mantan Presiden RI ke-3 tersebut berulang tahun yang ke-80.

Dilansir wikipedia, Sabtu (25/6/2016), Baharuddin Jusuf Habibie atau yang lebih dikenal dengan BJ Habibie, lahir di Parepare, Sulawesi Selatan tanggal 25 Juni 1936. Anak keempat dari delapan bersaudara ini lahir dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibi, seorang ahli pertanian dari Gorontalo dan R.A Turi Marini Puspowardojo, wanita Jawa yang merupakan anak dari seorang spesialis mata dari Yogyakarta.

Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1954 tersebut sempat melanjutkan studinya di teknik penerbangan, spesialisasi konstruksi pesawat terbang, di RWTH Aachen, Jerman Barat. Dari ketekunannya, dia menerima gelar diplom ingenieur pada tahun 1960 dan gelar doktor ingenieur pada 1965 dengan predikat summa cum laude.

Karena kepintarannya, Presiden Soeharto secara pribadi memintanya untuk kembali ke Indonesia pada tahun 1973, setelah beberapa tahun menetap di Jerman Barat. Pulang ke Indonesia, Soeharto memberikan mandat kepadanya untuk menjadi Menteri Negara Riset dan Teknologi sejak tahun 1978 hingga Maret 1998. Saat menjabat sebagai menteri itu Habibi juga didapuk untuk menjadi Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

Ucapan selamat ulang tahun mengalir dari berbagai kalangan. Informasi soal ulang tahun BJ Habibie salah satunya disampaikan akun facebook resmi The Habibie Center. Ribuan netizen menyambut positif kabar itu.

"Selamat Ulang Tahun ke-80 Bapak B. J. Habibie yang kami hormati, yang kami sayangi, dan kami kagumi.
Semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan yang baik dan senantiasa menjaga Bapak. #BJH80? #Habibie?," tulis akun Facebook The Habibie Center yang diposting beberapa jam yang lalu.

Selamat Ulang Tahun, Pak Habibie!(dtk/rt)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER