Kanal

Kayu Makin Langka, Puluhan Pekerja Kayu Temui Bupati Rohil

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Puluhan pekerja (penebang) kayu menemui Bupati Rohil Afrizal Sintong, di Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Rohil di Jalan Perwira, Bagansiapiapi, Senin (29/05/2023). 

Kedatangan puluhan pekerja kayu itu
diterima Bupati Rohil Afrizal Sintong. Mereka pun menyampaikan kesulitan dalam memperoleh kayu, dan mengeluarkan kayu dari di dalam kawasan hutan. 

Usai mendengar keluhan para pekerja kayu itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong menyerahkan bantuan sembako, berupa beras dan telur, kepada puluhan pekerja kayu tersebut. 

Bupati Rohil Afrizal Sintong menyampaikan Pemkab Rohil akan memberikan perhatian kepada para pekerja kayu itu. "Kita akan kumpulkan mereka, para pekerja kayu agar dapat bekerja lagi," kata Bupati Afrizal Sintong. 

Bupati Afrizal juga menyampaikan Pemkab Rohil akan mengalokasikan bantuan buat para pekerja kayu tersebut pada tahun depan. "Akan kita alokasikan Rp 5 miliar untuk membantu pekerja kayu agar bagai mana mereka ada pekerjaan," tutur Bupati. 

Bupati juga berpesan agar bersama-sama tetap menjaga daerah dari dampak dan resiko banyaknya pekerja kayu yang tidak ada pekerjaan. "Kasihan mereka. Paling kerja hanya dapat Rp 50 ribu sehari. Tapi resiko yang mereka terima sangat berat," terang Bupati. 

Beberapa pekerja yang ditemui di Pos Jaga Rumdin Bupati Rohil mengatakan hampir tiga bulan mereka tidak dapat menebang dan mengeluarkan kayu dari hutan. 

"Kami dilarang menebang. Kalau kayu bekas tegangan, yang sudah tumbang atau yang lama diterangkan, masih diperbolehkan mengambil," jelas salah seorang pekerja itu. 

Dikatakannya, banyak yang tidak bekerja selama tiga bulan. "Syukur alhamdulillah Bupati bantu beras dan telor," ucapnya. (amran)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER