Kanal

Duet Tito-BG di Tubuh Polri Dinilai Bisa Mengayomi Semua Pihak

JAKARTA - riautribune : Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri untuk diajukan kepada DPR sebagai pengganti Jenderal Badrodin Haiti yang memasuki masa pensiun Juli 2016.

Lantas siapakah calon Wakapolri yang pas untuk mendampingi Tito dalam rangka memimpin Korps Bhayangkara ke depan?

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi), Edi Hasibuan, menilai duet antara Komjen Tito Karnavian dan Wakapolri saat ini, Komjen Budi Gunawan adalah kombinasi yang pas.

“Saya kira wakil kan masih ada 1,5 tahun ya saya kira itu waktu yang panjang menjadi Wakapolri kecuali misalnya wakilnya jadi menteri bisa diganti dia. Kalau sekarang tetap beliau (Budi Gunawan) jadi wakilnya,” kata Edi , Senin (20/6/2016).

Tito sendiri merupakan lulusan Akademi Kepolisian 1987 sementara Budi Gunawan 1983. Menurut Edi yang juga mantan Komisioner Kompolnas ini, perpaduan junior dan senior keduanya akan sangat bagus memimpin Polri ke depan.

“Menurut saya itu adalah pas antara junior dan senior kan padu itu adalah satu pasangan yang bagus. Artinya tetaplah menjadi pengayom dari senior yakni Wakapolri Pak BG," terangnya.

"Saya kira tidak masalah. Biarkan Pak Budi Gunawan akan mengakhiri masa jabatanya sebagai Wakalpori artinya Kapolri junior Wakapolri senior ini akan menjadi lebih padu digabung menjadi satu itu kekuatan yang luar biasa yang bisa mengayomi semua pihak dan semua golongan,” tutupnya.(okz/rt)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER