Kanal

“Aei Letop”


ADA saja istilah kata percakapan bahasa  Melayu jika lebaran tiba. Kata Te ha er  (THR) sudah jamak menasional. Tapi Aie Letop atau air letup mungkin kata yang hanya dipakai puak Melayu Bengkalis dan sekitarnya. 

Air letup atau air kaleng sebutan minuman kemasan dalam kaleng. Kebanyakan jenis minuman kaleng mengandung gas. Anak- anak sebelum minum dikocok- kocok dulu. Saat dibuka tutupnya karena bergas bunyinya gess! Alamak, maka dinamakan air letup. 

Bagi warga Bengkalis sejak orang tua dahulu lebaran dipastikan setiap rumah menyajikan kue mue dan belum sempurna jika tidak ada minuman air kaleng. 

Dari mana datangnya ? Minuman air kaleng dengan beraneka ragam merk diantaranya ; D’best, Seasons, Yeos, FN, Naraya, Coca Cola, Sprite, Milo dan lainnya dibeli bukan dari Jakarta Indonesia, tetapi  dari Negeri Jiran Melaka Malaysia. 

Dari zaman ke zaman kedekatan pulau Bengkalis dengan Melaka, hanya butuh waktu tempuh sekitar 2 jam  untuk melintas. Warga  tidak hanya sebatas beraktifitas saling berkunjung sesama kerabat tetapi juga perdagangan lintas batas. Dulu warga Bengkalis ke Melaka cukup Cop Paspor. 

Sayangnya sekarang ditutup padahal di tempat lain masih tetap dibuka. Akibatnya warga Bengkalis tidak bisa menjual hasil kebun dan ikan seperti dulu  karena regulasi yang sebenarnya mematikan pelaku usaha warga sebaliknya mengenyangkan para toke, cukong besar atas nama pelaku ekspor. 

Zaman “semokel” jual kayu “balak” hasil tebangan hutan Riau lalu lalang. Tongkang sarat muatan “Balak” tak ketinggalan kayu “teki” alias kayu bakau dijual ke Melaka . Ketika balik Bengkalis membawa muatan berbagai barang. Tak hanya kebutuhan pokok seperti Beras, Tepung Terigu, Gula Pasir kecap hingga sauspun serba produk negara Jiran Malaysia. Barang lainnya seperti perabot rumah tangga juga tabung gas lengkap kompornya juga dari seberang. 

Air letup menjadi primadona bagi masyarakat Bengkalis. Satu keluarga membutuhkan puluhan Kes minuman. Satu Kes berisi 24 kaleng. Takaran Kes tak ditemukan tapi lazim digunakan di Bengkalis.  Takaran yang ada gros dan Lusin, berarti satu Kes sama dengan dua lusin. 

Harganya juga tidak sama. Sesuai dengan kadar rasa dan tingkatan rata- rata  dari Rp 95 ribu sampai 125 ribu.  Bandrol keluaran produksi masing- masing produsen. 

Tidak heran menjelang lebaran bongkar muat kapal kebanyakan berisi minuman air kaleng. Gudang- gudang pemilik toko penuh tumpukan kaleng. Hampir semua toko menjualnya. Sebagai gambaran betapa primadonanya air letup salah satu toko milik Ongkiat bisa menjual ratusan kes setiap momen lebaran Idul Fitri. 

Air Letup boleh disebut tradisi seperti tradisi lampu colok. Bahkan untuk membuat pelita lampu colok warga menggunakan kaleng bekas minuman sampai sekarang. 

Air letup juga “mendominasi” saat lebaran. Banyak Perkantoran, Instansi, Organisasi, Paguyuban memberikan ucapan selamat hari raya disertai pemberian beberapa Kis minuman kaleng. Kebiasaan tersebut akhirnya mentradisi terkini sejumlah kantor maupun perorangan memberikan THR dengan kupon minuman kaleng. 

Keberadaan air letup semakin mencuri hati. Hanya saja kebiasaan mulia ini terkadang membuat berat hati. Bagi
Anda yang berkemampuan rezeki tak ada salahnya berbagi. Buat yang kocek cekak jangan memaksakan kehendak. Yang penting jangan gara- gara aie letop buat  “bengak”. 

Ikan Sepat Ikan Tengiri,
Manis rasanya buah kelengkeng.
Selamat Hari Raya Idul Fitri,
Jangan lupa kirim air kaleng.***

 

*Penulis merupakan Wakil Bupati Bengkalis, Provinsi Riau

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER