Kanal

Pemkab Rohil Gelar Kompetensi Camat Berprestasi Tahun 2023

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Pemkab Rohil akan memberikan reward kepada camat dan kecamatan yang berprestasi di Kabupaten Rohil pada 2023 ini. Kompetensi camat dan kecamatan berprestasi tahun 2023 akan dimulai pada bulan April 2023. 

Rapat Penilaian Kompetensi Camat/Kecamatan Berprestasi Tahun 2023, dipimpin Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Setdakab Rohil Nurmansyah STTP, MSi, dan peserta dari seluruh kecamatan se Rohil, dilaksanakan di Hotel Armarosa, Batu Enam, Selasa (21/03/2023). 

Kabag Pemerintahan Setdakab Rohil H Nurmansyah STTP, MSi, mengatakan kompetensi camat /kecamatan berprestasi ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2018, berdasarkan perubahan Pergubri 19/2019 tentang Evaluasi Kinerja Kecamatan. 

Nurmansyah menyebutkan aspek-aspek apa saja sebagai penilaian camat/kecamtan berprestasi, yakni mulai dari penilaian kompetensi camat, urusan dan koordinasi kegiatan pemerintahan, dan  pelaksanaan kewenangan yang dilimpahkan di kecamatan. 

"Serta penyelengaraan tugas-tugas lainnya, misalnya musrenbang, pelaksanaan bidang kebersihan, penyelesaian konflik, penyelesaian bencana, dan yamg tidak kalah penting apa saja indovasi yang diberikan pihak kecamatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," kata Nurmansyah, kepada riautribune.com. 

Seluruh kecamatan peserta Kompetensi Camat dan Kecamatan Berprestasi Th 2023, juga wajib mendokumentasikan aspek-aspek penilaian tersebut, seperti dalam melakukan pelayanan jemput bola ketika pandemi Covid-19 lalu harus ada dokumentasinya. 

"Pelaksanaan kompetensi dan evaluasi kinerja kecamatan ini, dilakukan guna melihat seberapa optimal dan seberapa jauh kinerja kecamatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kompetensi ini tidak diberikan secara individu (kepada camat), tapi merupakan kompetensi penilaian secara bersama (kecamatan)," jelasnya. 

Mantan Camat Tanah Putih Tanjung Melawan itu mengatakan, melalui evaluasi kinerja dan kompetensi tersebut, pelayanan yang diberikan oleh camat dan unsur pemerintah kecamatan itu dapat diberikan meningkat dan se optimal mungkin kepada masyarakat. 

Adapun kecamatan yang pertama kali memperoleh predikat sebagai Kecamatan berprestasi di Rohil, sebut Nurmansyah adalah Kecamatan Bagan Sinembah, sewaktu dijabat Hj Sakinah SSTP MSi, dan tahun 2022 diraih Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan. 

Kecamatan Bagan Sinembah sempat memperoleh predikat sebagai Kecamatan Berprestasi di tingkat Provinsi Riau, namun belum berhasil di tingkat nasional. (amran)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER