Kanal

Atasi Ceko, Spanyol Menang Tipis 1-0

TIMNAS Spanyol memulai perjalanan mereka di Piala Eropa 2016 dengan kemenangan 1-0 atas Republik Ceko. Dalam laga penyisihan Grup D di Municipal Stadium, Toulouse, Senin (13/6/2016) malam WIB. Meski menang, performa La Roja jelas tidak meyakinkan. Walaupun penguasaan lapangan dikuasai anak asuh Vicente del Bosque dan harus bersusah payah untuk bisa mengamankan tripoin.

Babak Pertama
Sejak awal laga, Spanyol tampil agresif menekan lini pertahanan Ceko. Sayang, kiper Petr Cech tampil brilian di bawah mistar gawang Ceko dan beberapa kali melakukan save gemilang.

Disisi lain, Thomas Rosicky dan kolega praktis hanya mengandalkan counter attack. Namun, kiper La Roja, David De Gea bisa dibilang tak terlalu banyak 'berkeringat'.

Di paruh pertama, Spanyol mendominasi dengan 68 persen penguasaan bola dan sembilan tendangan on target. Sebaliknya, Ceko hanya menguasai 32 persen ball posession dan cuma membuat satu tendangan on target. Babak pertama berakhir 0-0.

Babak Kedua
Memasuki paruh kedua, alur permainan tidak banyak berubah. Kebuntuan sebetulnya hampir terpecahkan di awal-awal babak ini. David Limbersky salah mengantisipasi sebuah crossing sehingga nyaris mencetak gol bunuh diri. Beruntung bola hanya membentur mistar gawang Ceko.

Selanjutnya panyol terus melakukan serangan sporadis lewat Nolito dan David Silva. Namun disaat laga sepertinya berjalan berat sebelah, Ceko diluar dugaan menghasilkan dua peluang emas.

Pertama melalui sontekan Roman Hubnik di menit 57, menyambut tendangan bebas Ladislav Krejci yang masih bisa diselamatkan De Gea. Yang kedua ketika tandukan Gebre Selassie berhasil dibuang Cesc Fabregas tepat di depan mulut gawang.

Terus mencari gol pembuka, Del Bosque pun memasukkan trio Aritz Aduriz, Thiago Alcantara, dan Pedro Rodriguez. Meski demikian, gempuran bertubi-tubi yang mereka lakukan masih belum terlalu membahayakan gawang Cech.

Pada akhirnya, kesabaran La Roja berbuah manis. Tiga menit jelang akhir laga, Andres Iniesta mengirim umpan silang yang berhasil ditanduk sempurna oleh Gerard Pique. Spanyol akhirnya membuka keunggulan, 1-0! Ceko sempat membuat peluang di masa injury time, namun sepakan keras Vladimir Darida berhasil dipatahkan oleh De Gea untuk mempertahankan keunggulan 1-0 Spanyol hingga laga berakhir.(okz/rt)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER