Kanal

Suporter Rusuh Lagi, Inggris dan Rusia Bisa Saja Didiskualifikasi

UEFA memberikan peringatan keras terhadap tim Inggris dan Rusia. Ancaman UEFA ini pun tak main-main. Kalau Inggris dan Rusia gagal mengendalikan suporternya, mereka bisa saja didiskualifikasi dari Piala Eropa 2016.

Bentrok antara suporter Rusia dan Inggris sudah terjadi sejak beberapa jam sebelum pertandingan dimulai. Bentrokan itu menyebabkan beberapa bar dan toko mengalami kerusakan.

Kekacauan tersebut ternyata berlanjut setelah pertandingan di Stade Velodrome, Minggu (12/6/2016) dinihari WIB, tuntas. Tak lama setelah laga yang berakhir dengan skor 1-1 itu selesai, ratusan suporter Rusia menyeberangi pembatas tribune untuk mendatangi suporter Inggris. Kejadian itu memunculkan kepanikan di kubu pendukung Inggris.

Beberapa suporter Inggris segera menghindar, di mana sebagian dari mereka ada yang memanjat pagar pembatas untuk menghindari terjadinya bentrokan. Sementara suporter Rusia melemparkan berbagai benda ke arah suporter Inggris.

UEFA tengah mengusut kejadian itu dan telah membuka proses disiplin terhadap Rusia. Mereka berharap kerusuhan itu adalah yang pertama dan terakhir. Jika sampai terulang, mereka tak akan ragu untuk mendepak Inggris atau Rusia dari turnamen.

"Komite Eksekutif UEFA telah memperingatkan kedua asosiasi bahwa, terlepas dari setiap keputusan yang diambil oleh badan disiplin independen terkait kejadian di dalam stadion, kami tidak ragu untuk menjatuhkan sanksi tambahan kepada Football Association (FA) dan Russian Football Union (RFU), termasuk potensi diskualifikasi untuk tim mereka masing-masing dari turnamen jika kekerasan semacam itu terjadi lagi," tulis UEFA dalam pernyataannya yang dikutip Soccerway.(dtc/rt)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER