Kanal

Tokoh Lintas Agama Sampaikan Deklarasi Damai, Berharap Pemilu Tak Pecahkan Umat Beragama

PEKANBARU, Riautribune.com  : Sejumlah tokoh lintas agama menggelar deklarasi damai umat beragama dalam rangka Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kemenag Republik Indonesia tahun 2023, Minggu (15/1/2023) di halaman kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru.

Deklarasi dirangkai oleh Kemenag Kota Pekanbaru dan Kemenag Provinsi Riau setelah melaksanakan gerak jalan sehat kerukunan dalam rangka penutupan rangkaian kegiatan HAB ke 77 tahun 2023 Kemenag RI di Pekanbaru yang dilaksanakan Kemenag Kota Pekanbaru dan Kanwil Kemenag Riau.

Setelah dekalarsi dilanjutkan dengan penandatanganan ikrar oleh semua perwakilan agama dan Kepala Kanwil Kemenag Riau, Mahyudin, Kepala Kakan Kemenag Kota Pekanbaru, Syahrul Mauludi, mewakili Pj Walikota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut dan lainnya.

Usai deklarasi, Mahyudin menyampaikan melalui kegiatan diharapkan terjalin kerukunan umat beragama di Kota Pekanbaru, maupun di wilayah Provinsi Riau.

"Tahun ini adalah tahun politik maka kami berharap pada tahun politik ini semua etnis, agama dan suku, agar dijaga baik-baik dan jangan terpecah belah, inilah perlunya deklarasi damai yang dibacakan pada hari ini," katanya.

Sementara itu, Pj Walikota Pekanbaru yang diwaliki Asisten II Setdako Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut menyampaikan awal 2023 sudah masuk dalam tahun politik, maka semua pihak harus menjaga kerukunan.

"Penduduk di Kota Pekanbaru ini cukup heterogen, semua etnis ada, maka perlu menjaga kerukunan, agar tetap damai, apalagi pada tahun 2023 ini merupakan tahun politik," katanya.

Penandatanganan fakta integritas bersama antara umat beragama juga dalam rangka merajut perbedaan agar kerukunan tidak terpecahkan.***

 
Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER