Kanal

Sebarkan Video Presiden Terlihat Ngompol di Celana, Enam Wartawan Ditahan

SUDAN, Riautribune.com - Serikat Wartawan Nasional mencatat, setidaknya ada enam wartawan di Sudan Selatan telah ditahan atas peredaran rekaman yang memperlihatkan Presiden Salva Kiir tampak mengompol di sebuah acara resmi.

Rekaman dari bulan Desember menunjukkan 'noda gelap' menyebar ke bawah celana abu-abu presiden berusia 71 tahun itu saat dia berdiri menyanyikan lagu kebangsaan di sebuah acara komisioning jalan.

Video tersebut tidak pernah ditayangkan di televisi namun kemudian beredar di media sosial.

Para jurnalis, yang bekerja dengan Perusahaan Penyiaran Sudan Selatan yang dikelola negara, ditahan pada Selasa dan Rabu, kata Patrick Oyet, presiden Persatuan Jurnalis Sudan Selatan.

"Mereka diduga mengetahui bagaimana video presiden buang air kecil sendiri keluar," katanya mengutip Reuters, Minggu (8/1/2023).

Pyet menyebutkan, Wartawan yang ditahan adalah operator kamera Joseph Oliver dan Mustafa Osman; editor video Victor Lado; kontributor Jacob Benjamin; dan Cherbek Ruben dan Joval Toombe dari ruang kendali.

Menteri Informasi Sudan Selatan, Michael Makuei dan Juru Bicara Dinas Keamanan Nasional David Kumuri tidak menanggapi permintaan komentar permintaan atas penahanan enam wartawan tersebut.

Kiir menjadi Presiden sejak Sudan Selatan merdeka pada 2011. Pejabat pemerintah berulang kali membantah desas-desus yang beredar di media sosial bahwa Presiden Salva Kiir dalam kondisi yang tidak sehat.***

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER