Kanal

Kapolres Siak Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat dan Beri Penghargaan ke Personel Berprestasi

SIAK, Riautribune.com - Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja SIK memimpin upacara korps raport kenaikan pangkat pengabdian anggota Polri jajarannya periode 01 Januari 2023 sekaligus pemberian penghargaan kepada personel jajaran yang berprestasi di tahun 2022.

Upacara Korps Raport kenaikan pangkat itu dilaksanakan di halaman Mapolres Siak juga diikuti Wakapolres Kompol Angga Wahyu Prihantoro SSos, SIK, para PJU Polres Siak, Kapolsek Jajaran, Perwira dan seluruh anggota Polri serta ASN lingkup Polres Siak, dan juga dihadiri oleh pengurus Bhayangkari Cabang Siak.

Terhitung sebanyak 54 personel berpangkat Bintara hingga perwira mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat di penghujung tahun 2022 ini. Selain itu, 16 orang personel jajaran Siak lainnya juga mendapatkan piagam penghargaan atas prestasi kinerja selama bertugas di tahun 2022.

Dalam arahannya, Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja SIK mengatakan Kenaikan pangkat pengabdian ini merupakan wujud perhatian serta penghargaan dari Institusi Polri. Yang mana kenaikan pangkat Pengabdian bukan merupakan keharusan namun merupakan hasil penilaian dan prestasi serta kinerja personil itu sendiri yang telah dengan sungguh-sungguh mengabdikan dirinya kepada Insitusi Polri.

"Kenaikan pangkat bukan hak anggota saja, bukan dimaknai sekedar tahapan waktu, kenaikan pangkat dimaknai dengan apresiasi, penghargaan, dedikasi dan kinerja," sebutnya.

Pimpinan Korps Bhayangkara Wilayah hukum Kabupaten Siak itu menambahkan, untuk meraih semuanya diperlukan perjuangan kerja keras, status untuk memenuhi syarat antara lain, disiplin, mutasi kerja, kecakapan dan tidak ada catatan buruk selama mengabdi di Kepolisian.

“Untuk personil yang dimana jangka waktu mengabdi masih panjang harus bisa menjaga semangat, dedikasi, kinerja dan konsistensi untuk mendapatkan seperti contoh di hadapan kita semua,” ujarnya.

"Semua yang didapat bukan diraih dengan tiba-tiba, oleh karena itu untuk menjaga itu semua bukan hal yang mudah, dengan dinamika tugas kedepan semakin berat. Maka dari itu butuh niat baik, harus bisa mempertahankan amanah sesuai dengan UU No. 2 Tahun 2022," imbuhnya.

Lanjutnya menyampaikan, kenaikan pangkat bukan hanya sekedar penghargaan, namun amanat yang harus dijaga dan dipertanggungjawabkan pada diri sendiri, keluarga, masyarakat dan Tuhan Yang Maha Esa.

“Untuk itu, saya berharap dengan pangkat yang baru lebih dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab, lebih semangat, lebih profesional dan berprestasi, serta selalu meningkatkan kinerja serta memberikan semangat yang lebih dari sebelumnya,” pintanya.

Adapun personil yang mendapatkan kenaikan pangkat berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor : KEP/1740/XII/2022 tanggal 22-12-2022 tentang kenaikan pangkat dari AKP ke KOMPOL TMT 01 Januari 2023 atas nama Alvin Agung Wibawa, SIK, yang saat ini menjabat sebagai Kapolsek Tualang dan Tapip Usman, SH yang saat ini menjabat sebagai Kabag SDM Polres Siak.

Kemudian, sesuai Keputusan Kapolri Nomor : KEP/1741/XII/2022 tanggal 22 Desember 2022 tentang kenaikan pangkat dari IPTU ke AKP TMT 1 Januari 2023 atas nama Adi Susanto, SH, Amrin Simanjuntak, Edi Susanto, SH, Enda Sopandi, Jefri Antonius Purba,SH, dan Dr.Raja Kosmos Parmulais, SH, MH.

Lalu, untuk kenaikan pangkat IPDA ke IPTU sesuai keputusan Kapolri Nomor : KEP/1742/XII/2022 tanggal 22-12-2022, TMT 1 Januari 2023 atas nama Dalan Belluh Sembiring, S.Sos, Fernando Manurung, SH, dan Ikes Rizal, SH.

Sementara untuk kenaikan pangkat dari Aipda ke Aiptu sesuai keputusan Kapolda Nomor : KEP/462/XII/2022 tanggal 20-12-2022 TMT 01 Januari 2023 ada dua orang, yakni atas nama Gortap Parlindungan Simorangkir dan Iwanto.

Kemudian, sesuai Keputusan Kapolda Nomor : KEP/461/XII/2022 tanggal 20-12-2022 tentang kenaikan pangkat dari Bripka ke Aipda TMT 01 Januari 2023 diantaranya, Andika Yosef Chrisman Sihombing, Aries Susanto, Awaludin, Bayu Yudistira, Bobi Harianto, Indri Palindrungi, Jamson Graham Rumahorbo, Mohammad Ruswanto, Rafli Masri, Roffen Rizal, Teguh Suseno, Widodo Sasono, Yopi Pranata, dan Yudi Adrian.

Keputusan Kapolda Nomor : KEP/459/XII/2022 tanggal 20-12-2022 tentang kenaikan pangkat dari Brigadir ke Bripka TMT 01 Januari 2023 sebanyak 11 orang. Sementara untuk kenaikan pangkat dari Briptu ke Brigadir sejumlah 7 orang dan kenaikan pangkat dari Bripda ke Briptu sebanyak 7 orang.

Sementara untuk pemberian penghargaan kepada personel yang berprestasi diantaranya IPTU Tony Prawira S.Tr.K, SIK (Kasat Reskrim Polres Siak), IPDA Kristian Hadinata Sirait, S.E (Kanit 1 Satreskrim Polres Siak) keduanya meraih penghargaan karena dinilai telah berhasil memimpin pengungkapan dan penangkapan terhadap tersangka pembunuhan di kecamatan Tualang, dalam kurun waktu lebih kurang 8 hari. 

Keduanya juga dibantu anggota yang juga mendapatkan penghargaan, diantaranya AIPTU Rudi Yanti Perangin Angin, SH, Bripka Sepriandi, Briptu Hendra Situmeang, Briptu Markus Krisbiantoro, dan Briptu Immanuel C. Sianipar.

Kemudian, dari satnarkoba yang mendapatkan penghargaan diantaranya, IPDA Nober M.J. Sinaga SH dan  AIPDA Jhon Hendro Napitupulu keduanya dinilai berhasil memimpin pengungkapan dan penangkapan pelaku tindak pidana narkoba selama operasi Antik tahun 2022. 

Selanjutnya, Briptu Carlos SH, yang berhasil mengungkap peredaran narkoba selama operasi Antik tahun 2022. Sementara Bripka Jassobri, Brigadir Suci Yunita, dan Bripda Roneto Santos meraih penghargaan karena dinilai memiliki Kepedulian dan respon yang tinggi terhadap tahanan yang sedang hamil dengan membawa ke puskesmas hingga turut menjaga tahanan tersebut hingga proses melahirkan.

Selanjutnya Bripka Hanafi Saputra, yang menjabat sebagai Banit Lantas Polsek Kandis, dinilai melakukan tindakan kemanusiaan membantu seorang ibu yang melahirkan dengan mengantar ke rumah sakit.

Kemudian, IPTU Akhir Ramadhan S.H, M.Si menjabat sebagai Banit Lantas Polsek Tualang, dinilai telah meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap polri dengan menyekolahkan dua orang anak yatim piatu di Kecamatan Tualang.

Selanjutnya Briptu Surya Handayani, SH, yang dinilai profesional dalam penanganan perkara tindak pidana persetubuhan yang melibatkan anak sebagai korban, dan yang terakhir Bripka Suryadi Putra, SH, selaku PS. Kanit Reskrim Polsek Sabak Auh yang telah berhasil memimpin pengungkapan dan penangkapan tindak pidana di wilayah hukum Polsek Sabak Auh sebanyak 16 perkara selama tahun 2022.

Atas prestasi yang diraih para personel, AKBP Ronald Sumaja berharap terus ditingkatkan, dan kepada personel yang belum mendapatkan penghargaan agar dapat menjadikan motivasi untuk lebih giat lagi dalam bertugas.

"Selamat atas kenaikan pangkat dan penerimaan penghargaan rekan-rekan semua, semoga di tahun depan dapat lebih meningkatkan kembali prestasi yang sudah ada," harapnya.

Usai melaksanakan upacara kenaikan pangkat dan pemberian penghargaan, Kapolres Siak bersama Wakapolres dan PJU Polres Siak langsung membawa para personel yang naik pangkat menuju ke kolam belakang Mapolres Siak, untuk melakukan tradisi menyisir kolam bagi para personel yang mendapatkan kenaikan pangkat. Kebersamaan dan keharmonisan keluarga besar Polres Siak tampak berlangsung dengan suka cita. (Rizal Iqbal)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER