Kanal

Taja Pelatihan Menjahit Dalam Program Pemberdayaan Perempuan

SIAK, Riautribune.com - PT Indah Kiat Pulp and Paper Perawang Mill terus berinovasi dalam membantu mencarikan solusi penambahan penghasilan untuk masyarakat di wilayah operasional perusahaan.

Berbagai pelatihan pun terus ditaja demi terwujudnya pemulihan perekonomian masyarakat pasca pandemi Covid-19. 

Mulai dari pelatihan menganyam, memasak, pertanian, peternakan, menjahit dan lainnya, hingga juga ikut membantu memasarkan hasil karya yang telah dibuat oleh masyarakat yang mengikuti pelatihan yang ditaja oleh Departemen CSR.

Gagasan itu pun tampak terus dilakukan oleh tim CSR PT IKPP Perawang Mill. Seperti yang saat ini sedang berlangsung di Kelurahan Perawang, Kecamatan Tualang Kabupaten Siak, yakni pelatihan menjahit bagi kaum wanita dalam program pemberdayaan perempuan.

Tercatat sebanyak 10 orang perempuan pra sejahtera dan disabilitas yang berasal dari desa dan kelurahan di Kecamatan Tualang, mengikuti pelatihan menjahit tersebut dimulai dari hari ini Kamis 8 Desember 2022 hingga Rabu 8 Maret 2023 mendatang.

"Ini merupakan wujud kepedulian PT IKPP terhadap masyarakat di wilayah operasional perusahaan, dengan tujuan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya kaum wanita, dengan program pemberdayaan perempuan," ungkap pimpinan PT IKPP Perawang Mill, Hasanuddin The melalui kepala CSR Murseno SAP Kamis 8 Desember 2022 saat mengantarkan para peserta pelatihan di kediaman buk Erna selaku instruktur dalam pelatihan menjahit ini.

Murseno juga menyampaikan, para peserta ini merupakan orang-orang pilihan yang berhasil lulus ditahap penyeleksian oleh tim CSR PT IKPP. Kedepannya, para peserta diharapkan dapat membangkitkan perekonomian keluarganya dan dapat bersaing di dunia usaha.

"Sebelum mereka dilatih oleh buk Erna, peserta kami seleksi dulu, setelah melalui tahap penyeleksian, barulah  dapat melaksanakan pelatihan ini, tentunya pelatihan ini tidak main-main, karena kedepannya kami harapkan mereka inilah sebagai pilot projek untuk membantu perekonomian keluarga," sebutnya.

Dalam kesempatan itu, tampak dihadiri oleh ketua Rukun Warga (RW) 06 Kelurahan Perawang, Efrizal. Ia sangat mengapresiasi atas dedikasi yang terus gencar dilakukan oleh PT IKPP melalui CSR untuk membantu masyarakat.

"Kami selaku masyarakat sangat berterimakasih kepada pihak PT IKPP, terkhusus tim CSR yang tak pernah berhenti melakukan trobosan untuk membantu masyarakat dengan berbagai program, seperti pelatihan menjahit ini," ungkapnya.

Ia pun berharap, CSR PT IKPP tidak berhenti melakukan trobosan dan terus membantu masyarakat.

"Semoga program - program yang di taja tim CSR PT IKPP ini terus berkelanjutan, sehinga semakin banyak masyarakat yang terbantu oleh perusahaan. Kami juga do'a kan semoga perusahaan semakin berkembang," harapnya. 

Selain itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Siak, Hj. Noni Paningsih. SH.M.Si juga mengapresiasi kegiatan yang ditaja oleh Koorporasi kertas terbesar di Asia Tenggara itu.

"Kita sangat apresiasi atas kegiatan yang ditaja oleh CSR PT IKPP Perawang Mill ini. Kegiatan ini merupakan salah satu program prioritas nasional yaitu pemberdayaan perempuan dibidang wirausaha," sebutnya.

Lanjutnya menyampaikan, Kegiatan pelatihan menjahit yang digelar oleh CSR PT IKPP ini untuk membantu kaum perempuan dalam meningkatkan perekonomian keluarga. Tentunya ini program yang sangat baik, sehingga masyarakat sangat terbantu dengan adanya program pelatihan tersebut.

"Semoga dengan pelatihan ini juga dapat membantu menaikkan IDG indeks pemberdayaan perempuan di Kabupaten Siak, dan kita akan berkolaborasi lebih intens dengan CSR perusahaan yang ada untuk wilayah kerjanya," pungkasnya. (Rizal Iqbal)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER