Kanal

Percepat Digitalisasi Daerah, Wabup Rohil Menghadiri Rakornas P2DD

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hilir (Rohil) H Sulaiman, mewakili Bupati Rohil Afrizal Sintong, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) Tahun 2022, di Hotel Le Meredien, Jakarta, Rabu (6/12/2022).

Rakornas  bertema "Akselerasi Digitalisasi Transaksi Pemda Dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi Dan Pengelolaan Keuangan Daerah Yang Lebih Akuntabel", dihadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI Prof DR Mahfud MD, Menkominfo RI Johny G Plate, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, serta para kepala daerah Gubernur, Bupati dan Walikota se Indonesia. 

Seperti diketahui, International Monetary Fund (IMF) memprediksi ekonomi global pada tahun 2022 tumbuh melambat sekitar 3,2 persen, dan 2,9 persen pada tahun 2023. Ketidakpastian dan tantangan ekonomi global pertumbuhan terkoreksi turun, sementara inflasi terkoreksi meningkat. 

Pentingnya transformasi ekonomi berbasis digital menjadi salah satu yang dibahas dalam Presidensi G20 di Indonesia,;yang berlangsung di Bali beberapa waktu lalu. Kemudian Indonesia menjadikannya sebagai salah satu target yang akan dicapai secara maksimal untuk tingkat nasional. 

Mendorong terus digitalisasi, khususnya di daerah, pemerintah telah membentuk Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) pada 4 Maret 2021. Satgas ini dibentuk dalam rangka mempercepat dan memperluas implementasi elektronifikasi transaksi pemerintah daerah.

"Digitalisasi ini juga menjadi sebuah tujuan, maka diharapkan kepada semua daerah agar bisa mendorong program ini berjalan dengan baik," kata Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam sambutan diacara yang berlangsung satu hari itu. 

Menko Bidang Perekonomian, selaku Ketua Pengarah Satuan Tugas P2DD mengatakan, digitalisasi menjadi sangat penting untuk mengantisipasi dampak perlambatan pertumbuhan ekonomi global.

"Kami mohon kepada daerah untuk terus mendorong digitalisasi, karena diperkirakan ini menjadi program Indonesia berikutnya sesudah G20 di Indonesia,” terang Airlangga. 

Selmentara, l Wakil Bupati (Wabup) Rohil H Sulaiman, didampingi oleh Kabid IKP Diskominfotiks Hasnul Yamin, menyampaikan bahwa, Pemkab Rohil siap  melaksanakan, dan juga telah mulai menerapkan digitalisasi dalam pemerintahan daerah. 

"Penerapan digitalisasi di daerah akan berkontribusi pada efesiensi, kinerja, meningkatkan pendapatan daerah, dan lainnya," jelas Wabup Sulaiman. (Amran)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER