Kanal

Kurang Efektif, Golkar Indragiri Hulu Usulkan Perubahan Dapil di DPRD Kabupaten

PEKANBARU- Daerah Pemilihan (Dapil) di komposisi Pemilu DPRD Kabupaten Indragiri Hulu 2024 dinilai kurang efektif dalam mewakili aspirasi masyarakat. Ini menjadi dasar bagi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Karya (Golkar) Kabupaten Indragiri Hulu untuk mengusulkan penambahan  Dapil.

Sekretaris DPD Golkar Inhu Sukirno mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan usulan ini kepada KPU, lengkap dengan beberapa pertimbangan yang merupakan hasil rapat para pengurus partai.

"Salah satu pertimbangan kenapa Batang Cenaku dan Rakim Kulit itu digabung menjadi satu Dapil, selama ini kita mendapat masukan dari Anggota DPRD Kabupaten itu tidak efektif mewakili kecamatan walaupun hanya tiga. Karena jarak tempuh dan kondisi geografis dari alamnya," kata Sukirno, Kamis (1/12/2022).

Dilanjutkan Sukirno, beberapa waktu belakangan ini viral beberapa video yang menggambarkan kondisi jalan lintas selatan. Artinya, kalau Seberida dan Batang Gangsar itu dijadikan satu Dapil, tidak menghalangi tugas anggota DPRD kabupaten.

"Itu satu hamparan yang kondisi seburuk apapun anggota DPRD dari Dapil tersebut tidak terhalang melaksanakan kerjanya. Begitu juga dengan Batang Cenaku dan Rakit Kulim," kata Sukirno.

Kejadian alam yang tidak baik kedepannya, sambung Sukirno, Anggota DPRD masih bisa melaksanakan tugas-tugas mereka. Karena antara Batang Cenaku dan Rakit Kulim itu satu hamparan yang memang gampang jarak tempuhnya dan infrastrukturnya sudah dibangun.

"Makanya kami memutuskan dan mengusulkan agar terjadi pemerataan dalam pelaksanaan tugas anggota DPRD nantinya. Itulah salah satu pertimbangan kenapa Rakit Kulim Kulim dan Batang Cenaku itu digabung," kata dia.

Kemudian, ada wilayah eks transmigrasi yang terpisah dari kelompoknya. "Satu juga pertimbangannya bahwa, ada desa namanya Desa Bukit Indah atau DK5 kalau kita kenal dengan daerah eks transmigrasi itu, itu terpisah dari rombongannya. DK1, DK2, DK4, DK6. DK5 terpisah, ikut ke Kecamatan Rakit Kulim," paparnya.

*Ini Usulan penambahan Dapil oleh Golkar Inhu beserta Rinciannya :

INHU 1 (10 kursi)
Rengat
Rengat barat
Kuala cenaku

INHU 2 (8 KURSI)
Seberida
Batang Gansal

INHU 3 (7 KURSI)
Kelayang
Peranap
Batang peranap

INHU 4 (9 Kursi)
Pasir Penyu
Lirik
Lala
LBJ

INHU 5 (6 kursi)
Batang Cinaku
Rakit Kulim. ***

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER