Kanal

Resmikan Showroom Sepeda Motor Listrik Gesits, Bupati Alfedri: Kendaraan Masa Depan

SIAK, Riautribune.com - Bupati Siak Drs H Alfedri MSi menyambut baik di bukanya Showroom Motor Listrik Gesits di Kabupaten Siak, tepatnya di jalan lintas Perawang Minas, kilometer 7 Kampung Perawang Barat Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak, Riau.

Bupati Alfedri mengatakan, kedepan kendaraan listrik menjadi pilihan moda transportasi bagi masyarakat perkotaan. Hal ini karenakan kendaraan listrik dinilai ramah lingkungan. 

"Kendaraan Listrik ini sejalan dengan konsep Siak Hijau yang mengedepankan ramah lingkungan, karena menggunakan teknologi listrik dan tidak mengeluarkan emisi gas yang menyebabkan pencemaran udara di jalanan, sehingga Motor listrik ini tidak akan mengeluarkan asap dari knalpot, hasilnya tidak akan ada karbondioksida tambahan," sebut Bupati Alfedri Senin 28 November 2022.

Bupati Alfedri juga menambahkan saat ini motor listrik belum banyak diminati masyarakat, namun jika harganya terjangkau dan lebih murah dari kendaraan konvensional berbahan bakar dari fosil, maka akan ramai peminatnya.

“Pemerintah akan berperan terus untuk mendorong masyarakat secara bertahap agar dapat menggunakan kendaraan listrik. Karena ini merupakan salah satu solusi untuk mengurangi polusi udara dan efek gas rumah kaca, tentunya ini sangat sesuai dengan program Siak hijau," ungkapnya.

Pada saat grand opening showroom Gesits di Kecamatan Tualang Minggu 27 November 2022 kemarin, diketahui Bupati Alfedri sempat mencoba berkeliling jalananan Protokol Kecamatan berjuluk Kota Industri Perawang dengan menggunakan Motor Listrik Gesits. 

Bupati Alfedri juga menyampaikan kekagumannya terhadap Motor Listrik Gesits. Ia mengucapkan terimakasih kepada PT. Talabu dan juga PT. Wika yang telah memproduksi Motor Listrik Gesits. 

"Enak motornya, selain ramah lingkungan suara mesinnya nyaris tak terdengar. Jadi kedepannya kita akan mulai Hijrah ke motor listrik ini", ucapnya. 

Orang nomor satu di pemerintahan Kabupaten Siak itu juga telah membeli satu unit Motor Listrik Gesits saat meresmikan showroom motor listrik Gesits di Tualang itu. Motor listrik itu nantinya akan dijadikan sebagai hadiah doorprize pada Fun Bike Tour de Siak 2022 yang akan diselenggarakan pada tanggal 1 Desember mendatang. 

"Saya beli satu unit, motor itu akan saya jadikan Dor Prize Fun Bike Tour de Siak 2022. Tour de Siak 2022 akan diselenggarakan pada tanggal 1 hingga 4 Desember 2022 mendatang," ungkapnya.

Sementara itu, General Manager Gesits Riau Jeremias Duha di dampingi kepala Cabang Gesits Siak Sokhiaro Halawa mengatakan untuk Provinsi Riau, Kabupaten Siak merupakan Kabupaten atau kota kedua setelah Kota Pekanbaru yang telah membuka Showroom Motor Listrik Gesits. 

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Siak yang telah mendukung penuh dengan hadirnya Motor Listrik di Provinsi Riau ini, terkhususnya showroom Motor Listrik Gesits Siak, di Kecamatan Tualang tersebut," ucap Jeremias.

Ia menjelaskan bahwa, motor Listrik Gesits tersebut memiliki baterai dengan spesifikasi lithium-ion 72 Volt/20 Ah, dan menempuh jarak 50KM dengan kondisi baterai penuh, dengan waktu pengecasan baterai sekitar 3-4 jam. 

Peresmian Showroom Motor Listrik Gesits di Kecamatan terpadat di Kabupaten Siak itu ditandai dengan pengguntingan pita, penandatanganan Motor Listrik Gesits, dan dilanjutkan dengan test Drive Motor Listrik Gesits oleh Bupati Siak Alfedri, bersama Kadis PU Tarukim Siak Irving Kahar, Kadis Perhubungan Siak Junaidi, Kadis Koperasi dan UMKM Siak Arisman, dan beberapa tamu undangan lainnya. (Rizal Iqbal)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER