Kanal

BNNP MoU dengan DPRD Riau, Tekan Peredaran Narkoba

PEKANBARU-riautribune: DPRD Riau bersedia untuk memberikan penguatan dalam upaya penerbitan jam operasional tempat-tempat hiburan malam. Penguatan tersebut akan dilakukan dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda).

Kesepakatan tersebut tertuang antara BNNP Riau dan DPRD Riau saat melakukan MoU di gedung DPRD, akhir pekan lalu.

Poin perda penertiban jam operasional tempat hiburan malam tersebut, adalah salah satu dari delapan poin yang disepakati saat itu. Kesepakatan lain yang juga cukup menjadi perhatian saat itu adalah DPRD Riau merencanakan pelaksaan tes urine bagi seluruh Anggota Dewan dan PNS di lingkungan Setwan DPRD Riau.

Ketua Komisi A DPRD Riau Hazmi Setiadi mengatakan poin-poin penting lainnya dalam MoU yang telah disepakati, di antaranya juga pemda harus mendukung secara finansial untuk upaya pemberantasan narkoba di daerah dan dewan  akan menyetujui dalam pembahasan bersama.

"Selain itu anggota DPRD Riau juga diminta untuk sosialisasi di deerah pemilihan masing-masing atau saat reses dengan menyisipkan sosialisasi bahaya dan pencegahan narkoba, dengan di bantu oleh tim BNNP. Hal itu dimaksudkan agar seluruh elemen masyarakat tahu akan bahaya narkoba," ujarnya.

Lebih lanjut dikatan politisi PAN tersebut, DPRD Riau akan menindak lanjuti perencanaan bantuan pembangunan kantor BNNP Riau. Kemudian juga akan menyetujui dan mengesahkan anggaran dari setiap instansi pemerintah dan instansi terkait untuk kegiatan upaya Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Kabag Umum BNNP Riau, Maruli Siregar mengatakan, dengan adanya kerjasama ini diharapakan dapat semakin menekan angka peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Riau. Dimana pada tahun 2015 lalu, Riau berada pada posisi 7 tingkat penyalahgunaan narkoba secara nasional.

Dan untuk tahun 2016 ini, posisi Riau sudah semakin membaik dengan menempati posisi 13 secara nasional. Diharapakan dengan kerjasama ini, posisi Riau akan semakin baik dan semakin terbebas dari narkoba, harapnya.(mbo)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER