Kanal

Dua Seri di Negeri Matador Jadi Milik Rossi

Barcelona - Spanyol akan menjadi tuan rumah empat seri MotoGP musim ini. Dua seri di antaranya telah digelar dan menghasilkan pemenang yang sama yaitu Valentino Rossi.

Dari 18 seri yang masuk kalender MotoGP 2016, Spanyol kebagian empat seri, yaitu seri MotoGP Spanyol (24 April), MotoGP Catalunya (5 Juni), MotoGP Aragon (25 September), dan MotoGP Valencia (13 November).

Spanyol punya pebalap-pebalap tangguh dan mendominasi MotoGP dalam empat tahun terakhir lewat Jorge Lorenzo dan Marc Marquez. Akan tetapi, pada dua balapan kandang yang sudah digelar musim ini, pebalap-pebalap Negeri Matador justru gagal finis di posisi terdepan.

Rossi yang dikepung pebalap-pebalap tuan rumah memenangi MotoGP Spanyol yang digelar di Sirkuit Jerez setelah mengasapi Lorenzo dan Marquez. Sementara di MotoGP Catalunya, Minggu (5/6/2016) kemarin, dia memenangi duel sengit dengan Marquez sebelum menyentuh garis finis di posisi terdepan. Adapun Lorenzo malah gagal finis di Catalunya karena diseruduk Andrea Iannone.

Kemenangan di Catalunya amat penting bagi Rossi dalam persaingan memperebutkan gelar juara musim ini. The Doctor sekarang menempati posisi ketiga di klasemen MotoGP dengan 103 poin, di bawah Marquez (125 poin) dan Lorenzo (115 poin).

"Ketika saya melihat Lorenzo out, saya sedikit berpikir. Namun, saya harus memangkas lebih banyak poin dan tertinggal dari dua pebalap di atas saya, termasuk Marc, yang sekarang memimpin klasemen. Jadi saya berusaha untuk menang," ujar Rossi seperti dikutip Crash.net.

Seri MotoGP Catalunya juga menandai membaiknya hubungan Rossi dan Marquez, yang memanas pada musim lalu. Untuk pertama kalinya sejak 2015, kedua pebalap berjabat tangan.

"Sejak saya masuk MotoGP, ini adalah momen terbaiknya," ucap Marquez soal Rossi.

"Tahun lalu dia memang tangguh, tapi saya rasa tahun ini dia lebih tangguh. Dia punya kecepatan. Dia punya level yang sangat bagus," katanya.(dtk/rt)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER