Kanal

Pegawai RSUD Rafi'an Siak Ikuti Pelatihan Budaya Mutu dan Customer Care Sesi ke-4

SIAK, Riautribune.com - Pimpinan beserta jajaran staf di  Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Rafi'an Siak kembali mengikuti kegiatan pelatihan budaya mutu dan customer care, Rabu 21 September 2022.

Kali ini pada sesi ke-4 membahas tentang BerAKHLAK yang menjadi Core Values Aparatur Sipil Negara yang sudah digaungkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. 

Dalam kegiatan itu hadir sebagai narasumber melalui zoom meeting Ketua Indonesia Health Care Forum (IndoHCF) Dr. dr. Supriyantoro, Sp.P., MARS  dan Director Human Capital and Management Development PT Wijaya Karya, Ir. Hadjar Seti Adjie, MEngSc. Sementara jajaran RSUD Tengku Rafian mengikuti zoom secara bersama dari Ruang Rapat Direktur, Lobby Atas, dan Aula. 

Narasumber dalam membangun budaya mutu ini Ir. Hadjar Seti Adjie sudah sering memberi pelatihan kepada karyawan Badan Usaha Milik Negara dan merancang Core Values AKHLAK (Amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif) . Core Values yang selanjutnya diadopsi KemenPAN-RB menjadi BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif) 

"Semoga pada sesi ini kita semakin mantap lagi untuk merubah transformasi budaya mutu dan BerAKHLAK di RSUD Tengku Rafian Siak. Terimakasih atas kehadiran semuanya semoga bisa menjadi sesuatu yang baik, jadi mohon untuk bisa mendengarkan dan mengimplementasikan ini dengan baik," kata Direktur RSUD Tengku Rafi'an Siak, dr. H. Benny Chairuddin, Sp. An, M. Kes, MARS,, dalam sambutannya membuka kegiatan. 

Sementara Dr. dr. Supriyantoro, Sp.P., MARS mengatakan dalam hal ini sudah lima kali mengadakan pertemuan. Diharapkan bisa mendalami BerAKHLAK yang tepat untuk menjadi acuan untuk bertransformasi. "Diharapkan dengan BerAKHLAK ini wajah dan pelayanan RSUD bisa berubah, " katanya. 

Dalam paparannya Ir. Hadjar Seti Adjie mengatakan pembelajaran BerAKHLAK ini bisa menjadi contoh instansi lain. Pasalnya ini baru pertama kali disampaikannya di lingkungan kesehatan. 

"BerAKHLAK singkatan dari Berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten haromnis loyal, adaptif, kokaboratif. Ini menjadi Nilai inti atau dasar prilaku dalam bekerja untuk visi dan misi Indonesia maju dengan kepercayaan dasar Pancasila," sebutnya. 

Masing-masing nilai itu lanjutnya diafirmasi ke dalam masing-masing kalimat. Pertama Berinovasi pelayanan kami berkomitmen memberikan pelayanan prima demi kepuasan masyarakat, akuntabel kami bertanggungjawab atas kepercayaan yang diberikan, kompeten kami terus belajar dan mengembangkan kapabilitas, harmonis kami saling peduli dan menghargai perbedaan, loyal kami berdedikasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, adaptif kami terus berinovasi dan antusias dalam menggerakkan ataupun menghadapi perubahan, kolaboratif kami membangun kerjasama yang sinergis. 

"Ini afirmasi yang jika diulang-ulang terus diharapkan akan menjadi kalimat yang mempengaruhi alam bawah sadar kita," ujarnya. (Rizal Iqbal)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER