Kanal

Jenazah Azyumardi Disalatkan di Kampus UIN Jakarta

JAKARTA, Riautribune.com -  Jenazah Ketua Dewan Pers almarhum Azyumardi Azra disalatkan oleh anggota keluarga, murid, hingga kerabat jelang dimakamkan, Selasa (20/9) hari ini di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.
Proses penyalatan jenazah Azyumardi digelar di Auditorium Harun Nasution, kompleks Kampus I UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Salat dipimpin oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar.

Prosesi salat mulai digelar sejak pukul 6.30 dan selesai sekitar pukul 7.00 WIB. Ratusan jemaah ikut menyalati jenazah Azyumardi. Selain keluarga, mereka terutama adalah murid, junior di kampus, dosen, dan sivitas akademika UIN Jakarta.

Sejumlah nama pejabat negara turut hadir dalam salat jenazah tersebut. Mereka seperti KSP Moeldoko, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'thi, hingga kerabat Azyumardi yang merupakan mantan Rektor UIN Jakarta Komaruddin Hidayat.

Jenazah Azyumardi selanjutnya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan sekitar pukul 9.00 WIB.

Azyumardi Azra mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia pada Minggu pukul 12.30 waktu setempat, tak lama usai tiba untuk mengisi acara konferensi Internasional di Selangor.

Edi, sapaan akrabnya, dikenal sebagai cendekiawan muslim yang membawa nilai-nilai Islam moderat dan toleran. Mantan Rektor UIN Jakarta itu banyak dikenal lewat tulisan dan kerap berbicara di forum-forum internasional.

Karena aktivitasnya itu ia dianugerahi gelar kehormatan dari keluarga kerajaan Inggris di bawah Ratu Elizabeth II pada pada 2010.

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER