Kanal

Ikuti KKN Cerdas Universitas Abdurrab, Mahasiswa Ajarkan Banyak Hal di SMKN 1 Tambang

RIMBO PANJANG, Riautribune.com - Guru SMKN 1 Tambang Kabupaten Kampar, Riau mengapresiasi kegiatan sosialisasi mengenai tanaman obat keluarga (TOGA).

Sosialisasi TOGA tersebut digelar oleh para mahasiswa Universitas Abdurrab dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mereka di SMKN 1 Tambang, pada Senin (22/08/2022).

Kegiatan tersebut di lakukan di ruang kelas SMKN 1 Tambang sejak pukul 10.00 WIB hingga selesai.

Mengusung tema sekolah cerdas, beberapa mahasiswa peserta KKN pun mengambil tempat sebagai pemateri pada kegiatan tersebut.

Adapun peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut yaitu kepala sekolah SMKN 1 Tambang, Edi Isnanto SPd MPd, guru-guru, siswa dan mahasiswa KKN Universitas Abdurrab.

Kepala SMN 1 Tambang, memuji kinerja dari program kerja KKN cerdas yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Abdurrab tersebut.

“Manfaatnya ke sekolah kami adalah banyak ilmu-ilmu baru yang disampaikan di sini terutama tentang UKS, apalagi sekolah kami memang belum ada UKS, kemudian Tanaman obat keluarga atau TOGA," ucap Edi Isnanto SPd MPd selaku kepala sekolah SMKN 1 Tambang.

"Kami cukup terbantu, mudah-mudahan dengan kegiatan ini bisa bermanfaat bagi sekolah juga anak-anak kami," lanjutnya memberi apresiasi kegiatan KKN cerdas univrab tersebut.

Salah seorang guru SMKN 1 Tambang, Friska Hilmapataka memberikan apresisai terhadap kegiatan tersebut.

“Bagus ya membahas tentang toga, karena anak-anak disini belum banyak yang tahu tentang tanaman obat keluarga ini," puji guru wanita tersebut.

Ia juga berharap dengan diadakannya kegiatan tersebut dapat memotivasi para siswa secara khusus dan masyarakat kecamatan Tambang secara umum.

"Dengan diberikannya materi ini harapannya anak-anak ini juga mulai keinginan untuk menanam toga," lanjut Friska.

Tidak hanya melakukan sosialisasi namun mahasiswa KKN juga memberikan jamu hasil racikan tanaman obat keluarga yang mereka buat kepada peserta.

Dari jamuan hasil racikan mereka tersebut, masyarakat memberi tanggapan dan respon yang sangat baik dan menyukai minuman jamu hasil racikan mahasiswa KKN.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan sosialisi Toga itu, merupakan kegiatan terakhir dan sekaligus kegiatan perpisahan mahasiswa kkn dengan SMKN 1Tambang.

Sebelumnya, beberapa waktu ke belakang, mahasiswa Universitas Abdurrab telah melakukan beberapa kegiatan program kerja sekolah cerdas yang menjadi program wajib dari kegiatan kkn cerdas Universitas Abdurrab 2022 yang diberi tagar kkncerdasunivrab2022.

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh salah satu mahasiswa peserta KKN tersebut mengatakan bahwa mereka telah melakukan beberapa kegiatan.

"Antara lain sosialisasi tentang pertolongan pertama pada kecelakaan, sosialisasi tanaman obat keluarga, pelatihan leadership kepada siswa, mentoring tentang Psikologi semangat belajar dan latihan Paskibraka," ujar mahasiswa tersebut.

Tidak hanya itu, mahasiswa KKN Universitas Abdurrab juga memberikan beberapa perlengkapan untuk SMKN 1 Tambang seperti Tanaman Obat Keluarga, P3K, poster, pengecetan pintu WC dan tong sampah.

Untuk waktu pelaksanaan program kerja KKN cerdas Universitas Abdurrab, informasinya telah dilakukan selama kurang lebih satu minggu. (Reynold)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER