Kanal

PHR Goes to Campus Unri, Serunya Membahas Asal Usul Minyak Bumi

PEKANBARU, Riautribune.com - Rangkaian kegiatan 'PHR Goes to Campus' tiba di kampus ketujuh sekaligus yang terakhir dalam periode ini, yaitu Universitas Riau. Kegiatan yang berlangsung dua hari, Rabu dan Kamis (23-24/8/2022), diisi dengan pengenalan tentang migas dan PT PHR, teknik penulisan kreatif dan pengenalan tentang google tools.

Sonita Poernomo, Manager Corporate PT PHR dalam sambutannya mengatakan, 

Citizen journalisme sekarang sedang berkembang pesat. Siapa saja bisa menyebarkan informasi dengan smartphone yang mereka miliki.

"Jadi diharapkan dengan pelatihan ini membuat mahasiswa paham tentang dunia migas sekaligus paham menulis yang baik dan benar di zaman sosial media ini. Paham apa itu hoaks sehingga tidak sembarangan menyebarkannya," kata Sonitha.

Rektor Unri diwakili oleh Staf Ahli Wakil Rektor III Syafri, MKeb, SP,   membuka acara ini secara resmi.  Dikatakannya, saat ini banyak mahasiswa yang aktif bersosial media dan terkadang tanpa sadar telah melanggar kode etik jurnalistik karena ketidaktahuannya.

Karena itu, ia mengajak para mahasiswa untuk mengikuti acara ini dengan sungguh-sungguh karena ilmu yang diberikan akan sangat mereka butuhkan dalam menulis sehingga enak dibaca sekaligus dapat mengedukasi pembaca.

Seperti di kampus-kampus sebelumnya, geologist PHR turut mengisi acara di hari pertama ini. Kali ini,  geologist Robby dan Rendra menerangkan tentang cara kerja mereka mencari sumber minyak. Sesi ini selalu menarik minat para mahasiswa. Tak heran banyak pertanyaan yang mereka lontarkan.

Dalam pemaparannya, geologist Rendra menegaskan pentingnya hemat dan bijak menggunakan energi minyak bumi. Pasalnya,  untuk mencari dan menghasilkan minyak yang dapat digunakan sebagai bahan bakar kendaraan ataupun untuk kebutuhan lainnya, bukanlah pekerjaan mudah dan murah.

Ketua Forum Wartawan Migas Riau, Satria Utama Batubara mengungkapkan, dengan selesainya rangkaian PHR Goes To Campus di tujuh perguruan tinggi ini nantinya, pihaknya akan segera menyeleksi 70 karya tulisnmahasiswa yang merupakan karya terbaik selama kegiatan ini di tujuh kampus.

"Selanjutnya tim juri akan memilih 10 finalis yang akan mengikuti lomba karya tulis lanjutan usai mengikuti field trip ke lokasi eksplorasi minyak PT PHR bulan September mendatang. Semoga ini akan menjadi pengalaman istimewa bagi adik-adik mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini," harapnya.****

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER