Kanal

Indonesia Juara Umum Asian Schools Swimming Championship 2016

PALEMBANG - riautribune : Kontingen Indonesia memastikan menjadi juara umum Asian Schools Swimming Championship 2016 di Jakabaring Aquatic Center, Palembang, setelah hari terakhir Minggu (29/5) berhasil mengumpulkan 16 Emas, 10 Perak dan 9 Perunggu. Sementara Hongkong ada di peringkat dua dengan perolehan 10 Emas, 9 Perak dan 11 Perunggu. Peringkat tiga dihuni tim Thailand dengan 7 Emas, 11 Perak dan 9 Perunggu.

Tambahan medali emas Indonesia di hari terakhir di peroleh dari nomor 50 meter gaya punggung putri oleh Sofie Kemala yang berhasil mencatatkan waktu terbaiknya 29.88 detik, sementara peringkat kedua diraih perenang Hongkong Wong Totot Kwan To dengan waktu 30.25 detik, sementara peringkat ketiga berhasil diraih perenang Indonesia AA Istri Kania Ratih dengan 30.34 detik.

Perenang muda andalan Indonesia Ilham Ahmad Tarmuzi mampu membuktikan ketangguhannya di nomor 100 meter gaya dada putra dengan berhasil mempersembahkan emas kedua untuk Indonesia. Ilham yang mengalami keterbatasan Tuna Rungu tidak menyurutkan semangatnya dalam bertanding. Ilham berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 03.86 detik, medali perak diraih perenang Hongkong Wong Ho Kiu 1 menit 04.64 detik dan perenang Indonesia lainnya Muhammad Fahri hanya mampu menyumbangkan perunggu dengan waktu 1 menit 05.95 detik.

Meski dengan emas kedua Indonesia sudah memastikan juara umum, namun perenang andalan Indonesia seperti Putri Sagita tetap bersemangat mempersembahkan yang terbaik untuk Indonesia dengan menyumbangkan medali emas. Hasilnya Putri Sagita berhasil menambah koleksi medali emas Indonesia setelah berhasil meraih waktu tercepat di nomor 100 meter gaya bebas putri 57.71 detik, posisi kedua diraih perenang Thailand Supakrid Paranunata 58.34 detik dan posisi ketiga diraih perenang Hongkong Hong Nok Yan 59.60 detik.

Emas keempat Indonesia di hari terakhir masih menjadi milik nomor 400 meter estafet perseorangan ganti putra yang menurunkan empat perenang andalan yakni, Dwiki Anugrah, Ilham Ahamad Tarmudzi, Abdu Fitra Indarto dan Muhammad Alamsyah. Mereka berhasil mempersembahkan waktru tercepat yakni 3 menit 53.78 detik, sedangkan peringkat kedua dihuni oleh Hongkong dan ketiga Singapura.

Pelatih Indonesia Albert Sutanto mengatakan hasil ini cukup mengejutkan. Menurutnya ada dua rekor nasional yang bisa dipecahkan dan catatan-catatan waktu yang cukup luar biasa ditunjukkan para perenang.

"Ini hasil yang luar biasa bagi kita, semangat anak-anak didukung dengan strategi yang bagus ketika bertanding bisa menghasilkan yang maksimal. Anak-anak memang banyak memeberi kejutan dengan catatan-catatan waktu yang cukup lumayan cepat, saya kira hasil ini adalah trend positif yang harus dijaga dengan baik. Selanjutnya mereka akan kami proyeksikan untuk Asean Schools Games bulan Juni-Agustus nanti," kata Albert dalam keterangan pers.

Sementara, Manajer Kontingen Indonesia Sunyoto bersyukur Indonesia akhirnya bisa menjadi juara umum di rumah sendiri.

"Saya bangga terhadap perjuangan keras para atlet renang kita, di hari kedua hingga terakhir, mereka terus berusaha dan bekerja keras untuk memberikan yang terbaik. Dan alhamdulillah kita akhirnya bisa menjadi juara umum," tambahnya(rmol/rt)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER