Kanal

Gubernur Riau Serahkan Penghargaan Lingkungan Hidup Kepada Pihak yang Telah Menjadi Pahlawan Lingkun

PEKANBARU, Riautribune.com - Provinsi Riau berkomitmen mengimplementasikan prinsip pembangunan berkelanjutan  yang telah menjadi komitmen masyarakat global.

Wujud implementasi tersebut diantaranya melalui kebijakan Pembangunan Rendah Karbon.

Komitmen keberlanjutan ini tentunya perlu dukungan Para Pihak, baik sektor swasta, dunia pendidikan dan kelompok masyarakat di Provinsi Riau, seperti yang disampaikan Gubernur Riau, Syamsuar.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Riau, pada acara peringatan Hari Konservasi Alam Nasional ke-13 dan hari jadi Provinsi Riau ke-65 Tahun 2022, pada tanggal 14 Agustus 2022 di Tahun Sultan Syarif Hasyim II, Pekanbaru.

Pada Acara  dengan tema 'Amerta Tatsu Abinaya' yang artinya 'Memulihkan Alam untuk Masyarakat Sejahtera' Gubernur Riau menyerahkan secara langsung Penghargaan Lingkungan Hidup kepada Pemenang Lomba Kota Bersih se Provinsi Riau Tahun 2022.

Tak hanya itu, Gubernur Riau juga memberikan Penghargaan Setia Lestari Bumi, Penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi yaitu penghargaan kepada 'Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan'.

“Kami sampaikan selamat kepada Kepala Daerah yang berhasil memenangkan Lomba Kota Bersih Tahun 2022 dan penerima Penghargaan Setia Lestari Bumi serta Sekolah Adiwiyata," ucap Syamsuar dalam kata sambutannya.

"Demikian juga kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah pemenang Sekolah Adiwiyata Tahun 2022. Semoga ini merupakan bentuk motivasi untuk terus membina dan mengembangkan upaya-upaya kepedulian dalam perbaikan mutu lingkungan hidup kita," lanjut Syamsuar.

Gubernur Riau juga mengajak kepada segala aspek pendidik agar tetap dan semakin semangat dalam mendidik siswa-siswi menjadi manusia berkarakter.

"Semakin bersemangat membentuk karakter dan sikap peserta didik yang peduli dan berbudaya lingkungan untuk pembangunan dan kehidupan yang berkelanjutan di Bumi Riau yang kita cintai," ajak Syamsuar.

Senada dengan yang disampaikan Gubernur Riau, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau, Mamun Murod dalam laporannya membacakan pemenang dari kategori kota bersih.

Adapun pemenang kategori Kota Bersih tersebut adalah peringkat I diraih kota Bagan Siapi-api, peringkat II Kota Siak Sri Indrapura, Peringakat III Kota Bengkalis. Harapan I Kota Bangkinang, Harapan II Kota Pangkalan Kerinci, dan Harapan III Kota Teluk Kuantan.

Untuk penghargaan Setia Lestari Bumi diberikan kepada Ninik Mamak Kenagarian Desa  Tanjung Belit, Kec. Kampar Kiri Kab. Kampar, dengan kategori 'Penyelamat Lingkungan'.

Kemudian untuk kategori Perintis Lingkungan diraih oleh Habiburahman yang merupakan warga Desa Permai Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti dan Litjen Manihuruk warga Desa Sungai Meranti Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis.

Penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi diberikan kepada  23 Sekolah di Riau.

Untuk kota Pekanbaru diserahkan kepada SDN 021, SDN 194 dan SD Cendana Rumbai.

Untuk kabupaten Rokan Hilir diserahkan kepada SDN 003 Sei Manasib, SDN 010 Bangko Sempurna, SDN 007 Tangga Batu, SMPN 2 Bangko dan SMAN 5 Bagan Sinembah.

Untuk kabupaten Pelalawan diserahkan kepada SMPN 3 Pangkalan Kuras.

Untuk kabupaten Kuantan Singingi diserahkan kepada SD Global Andalan Logas.

Untuk kabupaten Bengkalis diserahkan kepada SDN 2 Bantan, SDN 2 Rupat Utara, SDN 4 Pinggir, SDN 4 Talang Muandau, SDN 8 Bandar Laksamana, SDN 37 Bengkalis, SMPN 3 Bukit Batu dan SMK N 1 Mandau.

Untuk kabupaten Kampar diserahkan kepada SDN 036 Tanah Datar.

Kabupaten Indragiri Hulu diserahkan kepada MIS Al Fridausy, MA Al -Ihsan Buluh Rampai, MTS Pondok Pesantren Syamsuddin dan SMK N 1 Kuala Cenaku.

Pada acara tersebut juga dilakukan kegiatan Door Prize serta Penanaman Pohon yang diikuti oleh Sekda Prov Riau, SF Haryanto, masing-masing Bupati dan Walikota, Forkompinda Riau, Kepala OPD Prov Riau, Komunitas Roda Dua Pekanbaru, dan seluruh undangan.***

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER