Kanal

BEM se-Riau Gandeng Pemko Pekanbaru Galakkan Gerakan Peduli Lingkungan

PEKANBARU, Riautribune.com - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Riau melaksanakan kegiatan Dialog Interaktif di ruang publik dan mengambil tempat di Rumah Singgah Tuan Kadi yang berlokasi di jalan Perdagangan, Kecamatan Senapelan, Pekanbaru pada Minggu (17/07/2022).

Dimulai sejak pukul 19.30 WIB, kegiatan tersebut mengusung tema "Walikota Menyapa, Mahasiswa Bangkit, Pekanbaru Gemilang”.

Dialog interaktif tersebut, dipandu oleh Ahmad Zikri, selaku moderator dan juga merupakan Sekretaris Jenderal BEM KM Universitas Muhammadiyah Riau.

Berdasarkan penuturan Nurhayati, selaku Ketua Pelaksana Kegiatan yang juga merupakan Presiden BEM Universitas Awal Bros, kegiatan tersebut adalah suatu bentuk kerjasama antara BEM se-Riau dengan Pemerintah kota (Pemko) Pekanbaru sekaligus Muara Perfomance Art dimana acara digelar sekaligus menghibur masyarakat dengan penampilan seni tradisional.
 
“Kegiatan dialog interaktif diruang publik ini bertujuan dapat mengembalikan tujuan kota Pekanbaru itu menjadi bersih, sehat dan bebas dari sampah," ucap Nurhayati kepada Riautribune pada Senin sore (18/7/2022).

"Maka dari itu pada kegiatan kemarin, kita (warga dan mahasiswa) bertukar fikiran dengan Pemerintah, terkait permasalahan di kota Pekanbaru," lanjutnya.

Menurutnya, pada kegiatan yang telah digelar mereka lewat diskusi, bertujuan mencari solusi agar kota Pekanbaru bisa mencapai kota yang bersih, sehat dan bebas sampah.

"Sesuai dengan tema kita, yaitu menjadi kota Pekanbaru yang gemilang," terangnya.

Atas dasar pemikiran tersebut, BEM se-Riau membuat program yang melibatkan peran nyata dan kontribusi generasi muda kota Pekanbaru yang turut andil membangun ekosistem kota Pekanbaru yang bersih, sehat dan bebas dari sampah.

"Gerakannya kita beri nama REPLIP, Relawan Peduli Lingkungan Pekanbaru, dimana kami bekerja sama dengan pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan, karena Pemerintah tidak mungkin bisa menyelesaikannya tanpa bantuan mahasiswa dan masyarakat,” ucapnya dengan semangat.
 
Pj Walikota Pekanbaru, Muflihun SSTp MAP yang mengahadiri kegiatan tersebut, memberikan beberapa kata sambutan dan arahan serta mengukuhkan pengurus REPLIP.

"Bersamaan dengan kegiatan ini, hendaknya pengurus REPLIP nantinya aktif mengajak masyarakat untuk lebih peduli akan lingkungan kota Pekanbaru," himbau Muflihun.

"Untuk seluruh pengurus REPLIP, saya menghimbau untuk membantu pemerintah kota Pekanbaru dalam mengedukasi masyarakat terkait dengan pembuangan sampah dan penanggulangan banjir,” ajak Muflihun menutup kegiatan. (Reynold)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER