Kanal

DLHK Pekanbaru Ingin Adipura Dapat Diraih Kembali

PEKANBARU, Riautribune.com - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru mengeluarkan regulasi dan mensosialisasikan hingga ke tingkat RT dan RW.

Regulasi itu dilakukan guna mengatasi permasalahan sampah mencapai target membawa pulang kembali Piala Adipura ke Kota Pekanbaru.

"Kita berharap Adipura bisa kita raih kembali, langkah selanjutnya kita masih akan membuat formulasi percepatan penyerapan informasi tersebut kepada masyarakat,” kata Kepala DLHK Pekanbaru, Hendra Afriadi pada Jumat siang (15/7/2022).

Menurut Hendra, masih terdapat beberapa kendala yang menyebabkan masih banyaknya tumpukan sampah di Pekanbaru, salah satunya masih minimnya kesadaran masyarakat untuk membuang sampah ke tempat yang telah disediakan seperti Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

"Kita menilai bahwa untuk tingkat kesadaran (masyarakat Pekanbaru) masih perlu dibangun, terutama untuk membuang sampah di tempat yang sudah disediakan," jelasnya.

"Terus, untuk waktu buang sampah, (masyarakat) masih tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, dimana seharusnya, masyarakat membuang sampah dimulai dari pukul 19.00-05.00 WIB. Sejauh ini, masih banyak masyarakat yang membuah sampah di luar jadwal buang tersebut," tambahnya.

Dilanjutkan Hendra, untuk kendala yang ketiga adalah masih ada masyarakat membuang sampah di tempat liar, atau di tempat yang tidak seharusnya. 

"Seperti di pinggir jalan, atau di tempat-tempat yang tidak terpantau oleh petugas kebersihan," ucap Hendra.

Hendra berpendapat bahwa pola pembuangan sampah yang dilakukan masyarakat Pekanbaru, yang awalnya mengikuti kebiasaan lama, tetapi sudah mulai berkurang dan sudah mulai teratur.

“Hal ini sudah terbentuk karena pola masa lalu. Namun semakin ke sini, semakin berkurang, dengan kata lain kesadaran masyarakat dalam hal membuah sampah sudah terarah,” jelasnya.

Menurutnya tidak masalah masyarakat membuang sampah di lingkungan sekitar, dengan catatan sediakan tempat sampah di rumah atau badan usaha masing-masing.

"Untuk membangun Pekanbaru lepas dari permasalahan sampah ini, DLHK (Pekanbaru) mengajak masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, sediakan saja tempatnya agar petugas bisa mengangkut," harap Hendra menutup. (Reynold)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER