Kanal

Pembentukan Citra Ganjar Pranowo di Media Sosial

Oleh: Mujawaroh Annafi

PEKANBARU, Riautribune.com - "Tuanku ya Rakyat, Gubernur Cuma Mandat". Itulah yang tertulis di bio akun Instagram milik Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Tulisan ini menjadi ciri khas yang ditampilkan, dan merefleksikan ia sebagai sosok pemimpin yang merakyat dan mengayomi warganya. 

Gubernur Jawa Tengah dua periode ini tidak serta merta langsung menjadi idaman masyarakat seperti sekarang. Banyak perjuangan yang harus ia lewati sehingga ia berada di posisi sebagai orang nomor 1 di Jawa Tengah. Pada awal kiprahnya, Ganjar Pranowo bergabung dalam Partai PDI Perjuangan yang mana ia manfaatkan untuk menguatkan kemampuan intelektualnya. Dengan semangat juang yang tinggi, perlahan ia memiliki reputasi yang baik di dunia politik sehingga oleh Partai PDIP ia dicalonkan sebagai anggota DPR RI. Akan tetapi pada saat itu beliau belum berhasil untuk menduduki kursi DPR RI. Kemudian ia diberikan tugas sebagai pengganti antar waktu (PAW) menggantikan rekan satu partainya Jakob Tobing yang saat itu dipilih oleh Megawati untuk menjadi Dubes Indonesia di Korea Selatan. Di saat Ganjar Pranowo menjadi anggota DPR RI Periode 2004-2009, ia ditugaskan di Komisi V untuk mengawasi Bidang Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Kelautan, Perikanan, dan Pangan. 

Pria kelahiran 28 Oktober 1968 ini, masih menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI 2009-2014 pada waktu itu, dan diusung sebagai bakal calon Gubernur Jawa Tengah dimana ia dipasangkan dengan Heru Sudjatmoko dan akhirnya berhasil terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah. Kemudian, ia kembali terpilih di periode selanjutnya pada pilkada seretak tahun 2018 berpasangan dengan Taj Yasmin, dan menjabat sebagai gubernur hingga saat ini. 

Ganjar Pranowo terkenal sebagai pribadi yang merakyat, rendah hati, dan peduli. Bahkan, ia tak hanya terkenal di Jawa Tengah, tetapi juga di Indonesia. Di masa serba digital ini, Ganjar Pranowo tidak ketinggalan zaman, ia juga memiliki berbagai akun media sosial untuk semakin dekat dengan rakyatnya, serta mengunggah kegiatan-kegiatannya sebagai gubernur setiap hari. Media sosial yang digunakan seperti Instagram, Tiktok, Twitter, Facebook, hingga Youtube. 

Di akun Instagram pribadinya yaitu @ganjar_pranowo, Gubernur Jawa Tengah ini terlihat sangat aktif. Per 15 Juni 2022 Ganjar Pranowo memiliki lebih dari 4,9 juta follower, dengan 5.731 unggahan. Dimana dalam satu hari, Ganjar Pranowo mengunggah rata-rata 4 postingan. 

Unggahan-unggahan Ganjar Pranowo jika dilihat dari Instagramnya terdiri dari unggahan terkait dukungan kemanusiaan, peringatan hari besar, program-program kerja pemerintah, blusukan, promosi wisata Jawa Tengah, promosi produk warga, hingga aktivitas pribadi. 

Dukungan kemanusiaan juga ditunjukkan melalui berbagai unggahan salah satunya dukungan untuk para pengidap kanker, bahkan Ganjar Pranowo juga turut serta menggundul kepalanya untuk menunjukkan rasa kemanusiaan. Donasi-donasi juga diberikan pada setiap peristiwa, tak hanya yang terjadi di Jawa Tengah, tetapi juga di wilayah Indonesia lainnya. 

Sebagai seorang pemimpin, Ganjar Pranowo juga mengayomi warganya tanpa melihat siapa dan dari agama apa. Di setiap hari-hari besar keagamaan, Ganjar pranowo rajin mengunggah ucapan selamat, seperti peringatan Isra Mi'raj, peringatan Hari Nyepi, Hari Natal, dan lain lain. 

Aktivitas yang dipamerkan di sosial medianya tak melulu kegiatan kunjungan kelembagaan. Namun, kegiatan seperti blusukan dan mengunjungi warga juga kerap diunggah. Kedekatan dengan warga juga ditunjukkan melalui video-video singkat, terkadang berisi guyonan dan bahasa yang satun semakin menambah citra merakyat dari pria kelahiran Karanganyar ini. 

Selain itu, kepedulian terhadap perekonomian khususnya bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tak luput dari perhatian Ganjar Pranowo. Dari Instagramnya, terlihat bentuk kepedulian untuk meningkatkan ekonomi pelaku usaha di Jawa Tengah dengan adanya program khusus bertajuk Lapak Ganjar, di mana setiap satu kali dalam sepekan, Ganjar Pranowo mempersilahkan pelaku usaha untuk berpromosi di akun Instagram, ia akan me-repost unggahan tersebut, baik melalui feed atau pun story. 

Aktivitas sehari-hari seperti berolahraga dan lainnya juga menghiasai laman Instagram Ganjar Pranowo. Hal ini semakin menunjukkan bahwa ia adalah pribadi yang positif dan sehat. 

Dari unggahan-unggahan tersebut, terlihat citra yang ingin ditampilkan oleh Ganjar Pranowo adalah pribadi yang low profile, merakyat, mengayomi, aktif bekerja demi rakyat, dan merangkul berbagai golongan, usia, agama, dan lain-lain. Tak salah, Ganjar Pranowo terpilih sebagai gubernur dalam dua periode dan dicintai oleh masyarakatnya. 

Melalui Instagram dan media sosial lainnya, kiprah Ganjar Pranowo pun bergaung di seluruh Indonesia. Bahkan, di media sosial Twitter prestasi-prestasi Ganjar Pranowo sempat menjadi trending topik di Indonesia. Di bawah kepemimpinan Ganjar Pranowo, Jawa Tengah berhasil menjadi provinsi terinovatif selama empat tahun berturut-turut yaitu pada 2019, 2020, 2021, dan 2022 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

Sejumlah inovasi yang sudah dilakukan Provinsi Jateng dipamerkan dalam kompetisi itu, antara lain berbagai kebijakan pemerintah yang mendukung pengembangan inovasi di Jawa Tengah penyediaan sistem informasi inovasi daerah dan berbagai inovasi pelayanan publik. 

Inovasi lainnya adalah "Jateng Gayeng Ndandani Omah Bareng" melalui aplikasi Simperum, "Elektronik Pojok Aduan Terintegrasi dan Aplikasi Jalan Cantik", inovasi masyarakat yang meliputi drone pertanian, "autonomous self driving car", UVC sterilizer lantai masjid, kompor pengolah salak, magic ring penghemat BBM sepeda motor dan solar moving aerator. 

Di samping itu, penyelenggaraan pameran produk inovasi yang memfokuskan pada pelatihan kewirausahaan inovatif bagi disabilitas, penghargaan inovasi pelayanan publik kepada organisasi perangkat daerah, dan kabupaten/kota, serta masih banyak lainnya. 

Ganjar Pranowo juga berhasil menyabet penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebanyak empat kali, lalu penghargaan Parahita Ekapraya 2017-2020 sebanyak empat kali, serta mendapatkan penghargaan perencanaan pembangunan terbaik 2019. Selain itu, Jawa Tengah di bawah kepemimpinannya juga menjadi provinsi terbaik layanan investasi nasional 2021, pengelolah Badan Amil Zakan Nasional (Baznas) terbaik nasional dan inovasi Baznas terbaik nasional 2021, juara umum inovasi pelayanan publik 2019, hingga Anugerah Meritokrasi 2021. 

Tak hanya itu, Ganjar Pranowo juga melakukan optimalisasi Baznas untuk membantu rakyat, membangun sekolah gratis untuk siswa miskin, menggratiskan seluruh SPP siswa SMA, SMK, dan SLB negeri di bawah naungannya. Lalu, memberikan insentif untuk guru-guru agama baik Islam, Kristen, Hindu, Budha, hingga pengajar TPQ dan pengasuh pondok. Ia juga memudahkan pelaku usaha mikro dalam akses permodalan melalui kredit. 

Program-program lain yang dilakukan oleh Ganjar Pranowo yaitu menekan angka kematian ibu melahirkan dan bayi, serta menangani kasus stunting dengan nama program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng (5ng), kemudian program lainnya yaitu Jogo Tonggo, Lapak Ganjar, dan lain-lain.. 

Dengan citra merakyat yang sudah melekat pada dirinya, serta prestasi yang ditorehkan selama menjadi Gubernur Jawa Tenggah, digadang-gadang Ganjar Pranowo berkemungkinan besar mampu menduduki RI 1 pada 2024 mendatang. Adapun sejumlah survei nasional memperlihatkan bahwa Ganjar Pranowo berada di posisi papan atas elektabilitas capres berdampingan dengan Prabowo dan Anies untuk Pilpres 2024. Terkini, hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang menunjukkan bahwa Gubernur Jawa Tengah itu berada di posisi teratas sebagai calon presiden bila pemilihan umum (pemilu) dilakukan pada saat itu. Survei nasional SMRC yang digelar pada 10-17 Mei 2022 ini, dilakukan terhadap warga negara Indonesia yang yang punya hak pilih dalam pemilu dan sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah. Dalam simulasi semi terbuka, Ganjar Pranowo konsisten berada di urutan teratas dengan elektabilitas 22,5 persen unggul signifikan dari calon-calon yang lain. 

Selain itu, Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia bertajuk Evalauasi terhadap Kondisi Umum Keadaan Ekonomi Nasional pada 17 Mei 2022 menyebutkan kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan Presiden RI Joko Widodo, tercatat 58,2 persen merasa cukup/sangat puas dengan kerja Presiden Joko Widodo. Alasan utama masyarakat puas dengan kinerja presiden dalam survei tersebut yaitu pembangunan insfrastruktur, memberi bantuan kepada rakyat kecil, penanggulangan Covid-19, dan kemampuan pengendalian harga kebutuhan pokok, serta penanganan mudik lebaran.. 

Melihat alasan-alasan tersebut, serta prestasi yang sudah ditorehkan Ganjar Pranowo di masa kepemimpinannya, bukan berlebihan jika menyebutkan bahwa Ganjar Pranowo bisa mendapatkan dukungan besar dari rakyat untuk dapat menduduki kursi RI 1. 

Ganjar Pranowo dinilai berhasil menjadikan media sosial sebagai saranan membangun kepercayaan masyarakat, serta menjadikannya media untuk menciptakan personal branding yang kuat di mata masyarakat. Instagram menjadi salah satu media sosial yang efektif untuk berkomunikasi secara langsung dengan masyarakat. 

Saat ini, media sosial menjadi sarana terbaik serta tercanggih untuk menumbuhkan identitas pribadi dan membangun reputasi diri. Tanpa perlu bertemu langsung dengan Ganjar Pranowo, masyarakat bisa mengenal lebih dekat dan mengetahui sosok pemimpinnya, serta menentukan apakah layak untuk dipilih di masa mendatang. Dari setiap unggahan di Instagram-nya, Ganjar Pranowo memiliki branding image yang sangat baik di kalangan masyarakat Jawa Tengah, tak hanya memerintah, tapi juga memberikan contoh. Tak hanya itu, Ganjar Pranowo juga tak segan membalas komentar-komentar di unggahannya, sehingga dapat memberikan peluang bagi gubernur untuk dapat berinteraksi dengan masyarakat. 

Pembentukan personal brand menjadi sesuatu yang penting bagi politikus agar memudahkan mereka untuk berkomunikasi dengan masyarakatnya. Personal brand yang sukses akan membentuk image yang baik dan membangun kepercayaan masyarakat terhadap dirinya. Personal branding mampu memberikan kontrol tentang persepsi atau cara pandang orang lain terhadap diri seseorang. Terkait dengan Ganjar Pranowo, personal branding yang telah ia bangun mampu membangun kepercayaan masyarakat terhadap dirinya, sehingga lebih mudah diterima oleh masyarakat. 

Dalam hal ini, media sosial Ganjar Pranowo, salah satunya Instagram memberikan peluan besar dalam membanung komunikasi politik melalui personal branding. Hal ini terbukti dengan terpilihnya ia sebagai gubernur dua periode, dan menempati elektabilitas teratas sebagai calon presiden dalam hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada 10-17 Mei lalu.***

Penulis adalah Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Sebelas Maret Surakarta

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER