Kanal

Harga Bawang Capai Rp41 Ribu, di Petani Hanya Rp16 Ribu

JAKARTA - riautribune :Dalam rapat koordinasi yang dilakukan oleh beberapa Menteri Kabinet Kerja, dikatakan bahwa harga bawang pada tingkat pedagang mencapai Rp41 ribu per kg. Harga bawang ini jauh lebih tinggi dibandingkan target pemerintah saat ini sebesar Rp20 ribu per kg.

Lantas, berapa sebenarnya harga bawang merah pada tingkat petani?

Menurut Sekretaris Jenderal Asosiasi Bawang Merah Indonesia (ABMI) Ikhwan Arif, saat ini harga bawang merah pada tingkat petani hanya mencapai Rp16.000 hingga Rp17.000 per kg. Sedangkan harga bawang merah di pasar induk pun hanya mencapai Rp20.000 per kg.

"Kalau sampai Rp40.000 itu belinya di mana. Itu patut dipertanyakan. Karena harga pada tingkat petani hanya Rp16.000 hingga Rp17.000 sedangkan harga di pasar induk hanya Rp20.000 per kg," jelas Ikhwan

Murahnya harga bawang merah ini telah sesuai dengan target pemerintah. Untuk itu, pemerintah diharapkan untuk membatalkan rencana impor bawang menjelang bulan Ramadan.

"Harganya sudah murah. Produksinya juga surplus. Jadi untuk apa impor," jelasnya.

Seperti diketahui, pemerintah saat ini berencana akan melakukan impor bawang menjelang memasuki bulan Ramadan. Tak tanggung-tanggung, 2.500 hingga 5.000 ton bawang merah rencananya akan didatangkan untuk menurunkan harga bawang merah. Rencananya, impor ini akan dilakukan menjelang memasuki bulan Ramadan.(okz/rt)

 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER