Kanal

Pemprov Minta MTQ XL Riau 2022 Segera Dimasyarakatkan

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Panitia Pelaksana Mustabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XL Riau Tahun 2022, melaksanakan Rapat Persiapan Pelaksanaan MTQ XL Riau Tahun 2022 di Gedung Nasional H Misran Rais, Bagansiapiapi, Jumat (1/7/2022).

Rapat dihadiri Asisten l Bidang Pemerintahan Setdaprov Riau M Masrul Kasmy, Kakan Kemenag Riau, Sekda Rohil H Ferry H Parya, Ketua LPTQ Provinsi Riau, Ketua LPTQ Rohil, serta Ketua dan Pengurus LPTQ Kabupaten dan Kota se Provinsi Riau. 

Asisten I Setdaprov Riau H Masrul Kasmy menyampaikan masih minimnya panitia lokal memasyarakatkan MTQ XL Riau 2022 kepada masyarakat. Hal itu, kata Masrul, terlihat dari umbul-umbul, baleho, dan spanduk, serta minimnya informasi yang disampaikan kepada masyarakat.

"Masih kurang penyampaian kepada masyarakat, bahwa di Bagansiapiapi, di Rohil ini, akan ada MTQ Riau. Sehingga perlu lebih disampaikan kepada masyarakat melalui informasi, melalui spanduk, umbul-umbul, maupun baleho," kata Masrul. 

Menurut Masrul, penyebaran informasi ini bukan hanya tugas Pemkab Rohil dan Kominfo Rohil saja, namun juga kerjasama dengan berbagai pihak.

"Kami dari pemerintah Provinsi akan membantu memberikan, menyampaikan informasi kepada seluruh masyarakat baik melalui media massa dan sarana lainnya," papar Masrul. 

Momen pelaksanaan MTQ ini, terang Masrul, merupakan ivent yang sangat tepat dalam mempromosikan ekonomi dan wisata daerah ,seperti mempromosikan usaha menengah, kecil, dan mikro (UMKM), dan lainnya. 

"Sehingga MTQ menjadi dorongan yang sangat kuat untuk peningkatan ekonomi dan usaha masyarakat. Apalagi sudah 2 tahun MTQ tingkat Provinsi Riau tidak pernah dilaksanakan karena pandemi Covid-19," terangnya. 

Sekda Rohil Ferry H Parya mengatakan, pelaksanaan pencabutan undian Nomor urut stand bazar dan pawai taruf telah dilakukan. Sehingga, Sekda berharap Kabupaten Kota sudah bisa melakukan persiapan untuk pembangunan bazar dan persiapan pawai ta'aruf. 

Gubernur melalui Asisten sebut Sekda, juga berharap Rohil selaku tuan rumah agar terus menggencarkan informasi kepada masyarakat bagaimana pelaksanaan MTQ ini bisa di ketahui seluruh lapisan masyarakat.

"Ini merupakan pertemuan kedua sejak dilakukan ekspose kepada Gubernur Riau. Alhamdulillah kita sudah punya jadwal pelaksanaan MTQ ini," jelasnya. 

Sekda mengatakan kemeriahan pelaksanaan MTQ di Rohil akan mulai dirasakan dari tanggal 22 Juli 2022. Hal ini sebutnya, dikarenakan Rohil akan mulai melakukan penyambutan peserta dari Kabupaten Kota yang ada di Riau.

Sebagai tuan rumah katanya lagi, Rohil lebih fokus pada suksesnya penyelenggaraan dan suksesnya prestasi. "Kita berharap seluruh qori dan qoriah bisa menampilkan dan  menjadi yang terbaik di MTQ Tingkat Provinsi Riau ini," tandasnya.  

Berikut nomor urut stand bazar, dan pawai ta'aruf MTQ XL tingkat Provinsi Riau berdasarkan pencabutan undian:

- Provinsi Riau urutan stand 1.
- Rokan Hilir urutan stand 2 urutan pawai 13. 
- Bengkalis urutan stand 11 urutan pawai 5.
- Inhil urutan stand 7 urutan pawai 9.
- Inhu urutan stand 6 urutan pawai 10.
- Kampar urutan stand 3 urutan pawai 11.
- Pekanbaru urutan stand 12 urutan pawai 8.
- Kuansing urutan stand 4 urutan pawai 6.
- Pelelawan urutan stand 10 urutan pawai 6.
- Rokan Hulu urutan stand 5 urutan pawai 3.
- Siak urutan stand 9 urutan pawai 4.
- Dumai urutan stand 8 urutan pawai 7.
- Kepulauan Meranti tidak hadir. (amran)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER