Kanal

Ketua DPD LAN Riau Melantik Pengurus Lembaga Anti Narkotika Kecamatan Bangko

BAGANSIAPIAPI - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Anti Narkotik (LAN) Provinsi Riau Sefianus Zai SH, MH, melantik pengurus LAN Kecamatan Bangko 2022-2026, Kamis (30/6/2022) di Gedung Nasional H Misran Rais, Bagansiapiapi. 

Pelantikan ditandai dengan pembacaan SK Pengangkatan Pengurus LAN Bangko, dan penyerahan bendera LAN kepada Ketua LAN Kecamatan Bangko H Hendri ST. 

Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Rohil H Ali Asfar S.Sos, M.Si, yang hadir menghadiri pelantikan Pengurus LAN Kacamatan Bangko, mewakili Bupati Rohil Afrizal Sintong, menyampaikan keprihatinan atas penyalahgunaan narkotik, dikalangan remaja, dan anak-anak sekolah. 

"Sehingga perlunya pengawas bersama sebagai antisipasi penyebaran dan penyalahgunaan narkotika di tengah-tengah masyarakat, dan dikalangan pelajar," kata Ali Asfar.

Menurut Asisten Ali Asfar, pengawasan penyalahgunaan narkotik, pada kalangan remaja, dan murid sekolah, harus dimulai dari keluarga. Sebab itu, tutur Ali Asfar, orang tua harus melakukan pengawasan kepada anak-anaknya. 

"Anak-anak harus diawasi agar bagai mana tidak terjerumus pada penyalahgunaan narkoba. Sehingga pengawasan kepada anak-anak tidak mesti harus para guru di sekolah. Anak-anak harus diawasi baik saat pergi, pulang sekolah,  bahkan pergaulan mereka juga harus diawasi," jelas Ali. 

Dikatakan Ali lagi, para orang tua juga harus tegas mengawasi anak-anak, seperti dengan rutin melakukan pemeriksaan tas sekolah. "Mana tau di dalam tasnya ada narkotik,  atau barang berbahaya, seperti senjata tajam. Jadi kontrol itu diawali dari dalam diri kita,  kepada keluarga kita," jelas Ali.

Kepada pengurus LAN Kecamatan Banglo yang baru dilantik, Ali Asfar,  atas nama dan mewakili Bupati Rohil menyampaikan tahniah. "Selamat atas pelantikan pengurus LAN Banglo. Semoga LAN Bangko dapat menjadi perpanjangan tangan kita (Pemkab Rohil), dan diharapkan dapat mengantisipasi  narkoba ini," tandas Ali.  

Ketua DPD LAN Provinsi Riau Sefianus Zai SH, MH, menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Kecamatan Bangko yang telah membentuk LAN Bangko. Dikatakan Sefianus, LAN sangat tegas dalam menyusun kepengurusan, yang minimal terdiri dari lima puluh orang. Jika tidak sampai 50 orang, maka LAN Kecamatan tidak dapat terbentuk.  

"Adapun tujuan pembentukan LAN adalah menciptakan dan mewujudkan masyarakatnya sehat tanpa narkoba," kata Sefianus, perihal tujuan pembentukan Lembaga Anti Narkotika tersebut. 

Dijelaskan Sefianus, Provinsi Riau merupakan provinsi yang berada di perbatasan dengan negara lain, memiliki perairan, dan menjadi pintu masuk narkotika. 

"Pintu masuknya narkotika itu banyak. Buktinya ya banyak penangkapan. Ada satu ton, bahkan tiga ton. Pelaku yang banyak ditangkap tukang bawa yang memindahkan (membawa narkotika) dari satu tempat keempat lain," kata Sefianus. 

Sehingga, jelas Sefianus, yang juga berprofesi sebagai pengacara itu, permasalahan penyebaran dan penyalahgunaan narkotika ini harus mendapat perhatian. "Dapat merusak kesehatan jiwa, melemahkan fisik dan psikologis. Itu sebab LAN ini didirikan. Mendukung pemerintah, negara dalam mensosialisasikan apa kerugian memakai narkoba," tuturnya. 

Penyebaran narkotika (sabu-sabu), terang Sefianus, saat ini tidak saja di perkotaan, tapi juga masuk keperkebunan-perkebunan, dan pemakainya tidak sebatas orang kaya atau mampu, tapi juga kalangan tidak mampu.  

"Sekarang orang yang tidak mampu juga pakai narkoba. Buruh yang memakai ini tak tau efeknya. Mereka taunya sebagai penambah stamina. Petani dan buruh sawit banyak pakai itu sebafai doping. Memakai narkoba bukan sebagai kesenangan, tapi sebagai mendorong penambah stamina," jelas Sefianus. 

Kepada masyarakat, tokoh-tokoh pemuda, individu maupun lembaga, harap Sefianus tidak bosan dalam menyampaikan larangan pengunaan narkoba. "Jangan bosan menyampaikan larangan pengunaan narkoba. LAN harus sampaikan larangan itu setiap ada waktu dan kesempatan kepada masyarakat," tandas Sefianus. 

Ketua LAN Kecamatan Bangko H Hendri ST, mengatakan sebelum pelantikan LAN Kecamatan Bangko sudah beberapa kali keluar masuk sekolah melakukan penyuluhan gerakan anti narkotika. 

"Dalam melaksanakan kegiatan dan program kerja, LAN Bangko siap berkoordinasi dengan Pemkab Rohil. Kami juga berencana akan melaksanakan sosialisasi anti narkotik ke sekolah sebulan sekali. Semoga bisa dilaksanakan, dan mohon dukungan semoga bisa terrealisasi dengan baik," pungkas Hendri. 

Pelantikan Pengurus LAN Bangko 2022-2026 itu turut dihadiri Kadis Dikbud Pemkab Rohil HM Nurhidayat, Kapolsek Bangko AKP Dedi Susanto, Kejari Rohil, Dinkes, Kabid Pemuda dan Olahraga Disparpora Rohil Khairullah, Wakil Ketua PWI Rohil Amran S Sos, BNK Rohil, OSIS SMAN 1 Bangko, OSIS SMPN 1 Bangko, serta organisasi pemuda,  dan OPD di lingkungan Pemkab Rohil. (amran)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER