Kanal

Ratusan Massa AMAK Kotalama Tuntut Kebun Kemitraan dari PKS PT SJI

Rokan Hulu - Ratusan massa aksi dari Aliansi Masyarakat Anak Kemanakan (AMAK) 8 Suku Kotalama, lakukan aksi unjuk rasa di depan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT. Sumberjaya Indahnusa Coy (SJI) Kebun Kota lama, Kabupaten Rokan Hulu, Kamis 30 Juni 2022.

Aksi sempat memanas saat massa bersikeras masuk ke PKS dan meobohkan pagar masuk PT SJI. 

Salah satu masyarakat yang turut serta dalam aksi tersebut, Ismail mengatakan, aksi tersebut adalah gerakan spontan dari Anak Kemanakan 8 Suku Kotalama, yang ingin mendapatkan kepastian tentang Hak masyarakat Kotalama untuk mendapatkan Kebun kemitraan.

"Sebab sampai saat ini masyarakat Kota lama belum Pernah menerima Kebun kemitraan dari PT SJI," ucap Ismail.

Dalam aksinya, massa menyatakan apabila tidak ada itikat baik perusahaan dalam memenuhi tuntutan masyarakat, maka masyarakat akan lakukan blokir jalan dan  menutup seluruh akses masuk dan keluar dari PT SJI.

"Karena perusahaan sudah tidak lagi menghormati hasil hasil kesepakatan yang telah disepakati bersama 3 bulan sebelum hari ini," tambah Ismail.

Kapolres Rokan Hulu AKBP Eko Wimpiyanto, langsung turun ke lapangan dan menenangkan massa.  Kapolres menyarankan untuk membawa aspirasi ini kejalur mediasi.

Kapolres juga menegaskan akan membantu masyarakat untuk duduk bersama dengan perusahaan agar mendapatkan titik temu dan kesepakatan yang baik untuk kedua belah pihak.

Setelah sempat terjadi didalam gerakan aksi yang sempat merobohkan pagar PKS PT SJI dan Orasi beberapa saat, masa aksi kemudian membubarkan diri. (Laks Her)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER