Kanal

Jokowi Blusukan di Antara Puing Kota Irpin Ukraina: Menyedihkan Sekali

JAKARTA, Riautribune.com - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan kesedihannya setelah ia berkunjung ke kompleks Apartemen Lipky di Kota Irpin, Ukraina, Rabu (29/6).

"Sangat menyedihkan sekali, banyak rumah-rumah yang rusak kemudian juga infrastruktur yang rusak," kata Jokowi dalam rilis pers dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengungkapkan seruan agar tak ada lagi kota di Ukraina yang rusak akibat perang.

"Kita harapkan tidak ada lagi kota-kota yang rusak di Ukraina akibat perang," lanjutnya.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi oleh Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushi.

"Saya didampingi oleh Wali Kota Irpin dan Deputi Wali Kota Irpin melihat kerusakan yang terjadi di Kota Irpin akibat perang," tutur Jokowi.

Jokowi juga didampingi ibu negara Iriana Jokowi, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, pun Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Irpin memang merupakan salah satu kota yang digempur habis-habisan oleh Rusia beberapa bulan lalu. Kota itu terletak di pinggiran Ibu Kota Ukraina, Kyiv.

Saat ini, daerah sekitar Kyiv sudah nyaris steril dari pertempuran. Rusia kini memfokuskan serangan di wilayah timur Ukraina.

Setelah mengunjungi Irpin, Jokowi dijadwalkan mengunjungi Pusat ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ, dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kyiv.

Barulah pada siang hari Jokowi bakal bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER