Kanal

KPU Pekanbaru Temukan 14 ribu Orang Meninggal Masuk DPT

PEKANBARU, Riautribune.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru menemukan 14 ribu penduduk yang telah meninggal dunia di wilayah  setempat masuk dalam  Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Ketua KPU Kota Pekanbaru Anton Merciyanto  mengatakan, hasil rekapitulasi KPU Kota Pekanbaru terhadap data Badan Pusat Statistik (BPS) dan Ditjen Dukcapil Kemendagri menunjukkan pada adanya 14 ribu DPT  yang sudah meninggal masih masuk  sebagai pemilih.

"Ini kami temukan saat  pemuktahiran daftar pemilih berkelanjutan Pekanbaru  triwulan II tahun 2022," kata Anton Merciyanto di Pekanbaru, Sabtu.

Anton Merciyanto mengatakan, bahwa data tersebut memang benar adannya, setelah tim melakukan pengecekan ulang DPT sebagai tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan berlangsung tahun 2024.

"Data itu muncul di KPU dan kita dapat semua itu dari BPS dan Ditjen Capil RI " katanya.

Untuk menyikapi itu, dijelaskan Anton, dirinya bersama anggota KPU Kota Pekanbaru akan menghapus data 14 ribu yang sudah meninggal pada bulan 10 Juni 2022 mendatang dan nanti akan kita umumkan kembali.

Sementara itu  Kepala  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru Irma Novrita menjelaskan, terkait adanya nama DPT yang sudah meninggal  masih timbul dalam DPT itu tidak kewenangan dirinya.

"Itu ranahnya KPU, kita hanya mencatat data-data yang sudah meninggal dan melaporkan itu ke Kementerian dan selanjutnya itu pihak kementerian Capil RI yang berwenang.

Ya kami dari Disdukcapil mohon bantuan dan kerjasamanya kepada seluruh masyarakat agar  kami dapat meng up date data terbaru dan  tidak ada lagi nama-nama yang sudah meninggal timbul di Disdukcapil " imbaunya.

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER