Kanal

Niat Cari Ikan, Pria di Pelalawan Tewas dimangsa Buaya

PEKANBARU, Riautribune.com - Seekor buaya senyulong (Tomistoma schlegelii) menyeret hingga membunuh seorang pekerja harian bernama Katius Zebua (21) di Desa Terbangiang, Kecamatan Bandar Petalangan, Kabupaten Pelalawan, Jumat (17/6).
 
Kepala Bidang BBKSDA Wilayah I, Andri Hansen Siregar melalui pernyataannya, Minggu, membenarkan pihaknya telah menerima laporan terkait konflik buaya dengan manusia di Kabupaten Pelalawan.
 
"Dari keterangan yang didapatkan di lokasi saat itu korban dengan seorang temannya pergi mencari ikan menggunakan jala di kanal batas PT. Cakra Alam Sakti (CAS). Saat jala ditebar ke dalam kanal, jala tersebut tersangkut kayu, lalu korban terjun ke dalam kanal untuk melepaskannya. Namun tiba- tiba datang seekor buaya menyerang dan menarik korban," jelasnya.
 
"Korban sontak berteriak minta tolong kepada temannya. Namun saat temannya mencoba membantu, korban terus ditarik buaya ke dasar kanal hingga tidak terlihat lagi," lanjut Andri.
 
Setelah menerima laporan tersebut tim BBKSDA Riau langsung turun ke lokasi kejadian untuk melakukan pencarian.
 
"Tim sudah melakukan pencarian terhadap buaya senyulong, namun tim belum menemukannya. Dari pengamatan tim di lapangan, lokasi terjadinya serangan buaya merupakan habitat buaya karena lokasi tersebut merupakan hamparan rawa dan dialiri oleh Sungai Kerumutan yang terhubung dengan kanal milik PT CAS," terang Andri.
 
Selain itu pihaknya telah melakukan sosialisasi serta mengimbau agar masyarakat tetap waspada jika berada di sekitar sungai dan kanal.
 
"Kepada masyarakat agar waspada dan berhati-hati jika berada di sungai dan kanal. Karena antara pukul 17.00 WIB hingga 07.00 WIB buaya biasanya mencari mangsa. Kita berharap agar masyarakat tidak memburu dan membunuh buaya tersebut karena termasuk salah satu hewan yang dilindungi," pungkasnya.

 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER