Kanal

Keterbukaan APJII

JAKARTA-riautribune: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tengah merayakan ulang tahunnya yang ke-20 tepat pada tanggal 15 Mei 2016. Setelah lebih dari 2 dasawarsa, APJII senantiasa memberikan kontribusi yang besar bagi Indonesia. Demikian diungkapkan Ketua APJII Jamalul Izza.

  "Membantu Internet Indonesia hingga dapat mencapai tingkat penggunaan hari ini dimana jumlah pengguna telah mencapai sekitar 100 juta, penetrasi hampir 40% dan Indonesia selalu menjadi top 5 teratas di penggunaan konten global seperti Facebook, Twitter dan lainnya,adalah sebuah capain luar biasa,"katanya.

Ditambahkannya, APJII dalam kiprahnya di dunia internet, telah melakukan sejumlah terobosan baik pada fasilitas jaringan, tataran regulation-support maupun advocacy demi terciptanya sinergi antara pemerintah, penyelenggara jasa internet, stakeholders dan masyarakat Indonesia."

“Indonesia Internet Exchange (IIX) yang dikelola APJII sejak 20 tahun yang lalu telah bertambah menjadi 12 Node yaitu Medan, Pakanbaru, Batam, Palembang Bandung, Jakarta, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang dan Denpasar. IIX Node ini akan terus bertambah dan ditargetkan pada akhir 2018 akan mencakup setidaknya satu di setiap ibukota provinsi.” ucap Izza

Ditambahkannya, dengan posisinya sebagai operator Jaringan IIX tersebut, APJII merupakan mitra strategis bagi pemain konten dan e-commerce lokal maupun global agar konten-konten tersebut dapat lebih mudah dan terjamin dicapai oleh pengguna internet. Terlebih dari pada itu, dengan Jaringan IIX ini, APJII siap berperan strategis sebagai mitra pemerintah dalam mencegah merambahnya konten negatif Internet ke masyarakat kita.

Sementara itu, Sekjen APJII Hendri mari lindungi internet. "APJII juga dalam tahap finalisasi penggelaran infrastruktur khusus yang akan mampu lebih melindungi Internet Indonesia dari berbagai serangan cyber, yang hari ini terus terjadi tanpa kita sadari, dalam bentuk antara lain virus, malware dan pembanjiran trafik berlebihan." ucap Sekjen APJII Henri Kasyfi menambahkan.

Dari era awal Internet Indonesia, APJII telah memiliki peranan penting dalam pendistribusian Nomor Protokol Internet di Indonesia karena ditunjuk oleh Badan Regional Dunia APNIC sebagai National Internet Registry. Program ke depan APJII dalam area ini adalah percepatan peningkatan penggunaan IPv6 yang salah satu manfaatnya adalah untuk meningkatkan keamanan Internet kita.

Ketum APJII Jamalul Izza memaparkan "Dalam merayakan keberhasilan pertumbuhan internet di Indonesia, APJII yang pada ulang tahunnya kali ini mengusung tema: "APJII IS FOR EVERYONE", akan menyelenggarakan berbagai kegiatan, yang akan diselenggarakan hingga Desember 2016 mendatang, antara lain APJII Golf Tournament, APJII Runners 10K, berbagai Workshop & Pelatihan sepanjang Tahun serta kegiatan sosial seperti kegiatan donor darah. Acara-acara ini diselenggarakan di berbagai Wilayah Kepengurusan APJII yang tersebar di seluruh Indonesia. Adapun puncak acara 20 tahun APJII ini adalah pagelaran Indonesia Internet Summit & Expo yang akan diselenggarakan di penghujung tahun. Ajang ini akan menjadi ajang pertemuan seluruh stakeholders Internet Indonesia baik dari sisi device/perangkat, network/jaringan dan juga application/konten serta pengguna Internet kita sendiri.

Di umurnya yang ke 20 ini, APJII telah memutuskan untuk membuka diri ke masyarakat. Keputusan ini dicapai melalui melalui Musyawarah Nasional Luar Biasa Desember 2015 yang dalam AD/ART-nya menambahkan bahwa APJII untuk membuka keanggotaan bagi masyarakat dan tidak terbatas pada Internet Service Provider saja. Dengan demikian, seluruh fasilitas APJII tersebut diatas akan dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Anggota baru APJII Non-ISP dapat  mulai mendaftar dari tanggal 1 Juli 2016.

Dengan demikian, peran APJII tidak saja hanya mengkoordinasikan kepentingan penyedia jasa internet, namun kini akan lebih sinergis antara ISP dengan masyarakat umum, sehingga dapat terbentuk keharmonisan antara bisnis dan kebutuhan rakyat Indonesia.

Selain kegiatan-kegiatan diatas, berbagai macam program/layanan baru APJII yang lebih bermanfaat bagi masyarakat luas saat ini dalam tahap persiapan dan akan segera diluncurkan seperti misalnya WIFI Nasional dan Cloud Nasional.

Sekjen APJII Henri Kasyfi juga menyampaikan bahwa "APJII juga sedang menjajagi untuk melakukan peluncuran Satelit Kecepatan Tinggi (High Throughput Satellite) yang akan digunakan sebagai infrastruktur anggota ISPnya dalam memberikan layanan akses internet ke seluruh Indonesia. Dalam hal ini APJII bekerjasama dengan Mastel dan Satelit ini kelak akan dimiliki oleh seluruh rakyat Indonesia melalui sebuah badan usaha Koperasi." ucapnya.(rls)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER