Kanal

Tempat Sampah Ciptaan Pelajar di Lamongan ini Dilengkapi Nada 'Terima Kasih'

Lamongan - riautribune :Pelajar di Kabupaten Lamongan berhasil menelorkan tempat atau bak sampah yang luar biasa. Namanya Basagaya alias Bak Sampah Tenaga Surya.

Basagaya ciptaan pelajar SMKN 2 Lamongan itu ditampilkan dalam Pameran Pendidikan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan dan Hari Jadi Lamongan ke-447 Tahun 2016, Jumat (20/5/2016).

Kepala SMKN 2 Lamongan Matekur menjelaskan bahwa Basagaya ini akan memberikan reward berupa suara ucapan "terima kasih telah membuang sampah pada tempatnya", setiap kali ada sampah yang dimasukkan.

Menurut dia, dengan pembuatan Basagaya maka diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membuang samapah pada tempatnya.

"Saat ini SMKN 2 Lamongan sudah membuat tiga unit Basagaya outdoor bertenaga surya dan 2 unit indoor yang ditambahi dengan baterai," jelas Matekur.

Bupati Lamongan Fadeli ketika melihat memuji hasil inovasi siswa SMKN 2. Apalagi, kata Fadeli, sekolah ini sebelumnya juga berinovasi dengan membuat becak tenaga surya (Betagaya).

'Dulu sudah membuat Betagaya, sekarang muncul lagi inovasi tempat sampag bertenaga surya, Basagaya. Inovasi ini harus dihargai, sehingga anak-anak kita tidak akan pernah berhenti berkreasi," kata Fadeli.(dtk/rt)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER