Kanal

Rupiah Rp13.550, Menkeu: Itu Hal Biasa dan Bersifat Sementara

JAKARTA-riautribune: Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro merasa yakin pelemahan nilai tukar Rupiah yang terjadi saat ini hanya bersifat sementara. Pasalnya pelemahan Rupiah tersebut lebih disebabkan penguatan dolar Amerika akibat imbas dari isu kenaikan suku bunga The Fed.

Bambang mengatakan, pelemahan Rupiah saat ini merupakan hal yang lazim terjadi ketika ada isu kenaikan suku bunga The Fed. Menurutnya hal itu akan kembali stabil jika isu tersebut telah memudar

"Ya itu kan selalu spekulasi, jadi kita melihat itu sebagai suatu fenomena yang selalu terjadi setiap kali ada statement-statement mengenai kenaikan tingkat bunga (The Fed)," ujarnya di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis (19/5/2016).

Bambang mengaku yakin akan hal itu, lantaran fenomena tersebut sering terjadi. Seperti yang terjadi tahun lalu ketika isu kenaikan suku bunga The Fed santer didengungkan. Namun setelah suku bunga The Fed jadi dinaikan, Rupiah berangsur pulih.

"Saya pikir kita sudah pernah alami itu bulan Desember naik 25 basis poin dan ekonomi kita bisa stabil tetap. Jadi iya itu temporer," tandasnya.(okz/rt)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER