Kanal

Pengungsi Rohingya dari Aceh Tiba di Pekanbaru

PEKANBARU, Riautribune.com - Pengungsi etnis Rohingya asal Myanmar yang sebelumnya berada di Provinsi Aceh, telah tiba di kota Pekanbaru, Provinsi Riau, pada Rabu (18/5/2022). 

Para pengungsi tersebut, langsung di tempatkan di Wisma D'COP 2, Jalan Ciptasari, Kelurahan Tangkerang Selatan, Kecamatan Bukit Raya.

"Tadi pagi kedatangan pertama, mereka tiba jam 08.45 WIB di Bandara SSK II Pekanbaru. Langsung kita bawa ke tempat penampungan yang disediakan," ujar Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian saat ditemui beberapa awak media.

Ia menjelaskan bahwa jumlah pengungsi tersebut diperkirakan sebanyak 119 orang dan kedatangan mereka terbagi dalam 4 jadwal penerbangan.

"Satu penerbangan membawa 31 hingga 35 org, total ada empat penerbangan. Nanti siang akan sampai pagi yang penerbangan kedua, sekitar pukul 15.00 WIB," jelasnya.

Zulfahmi menyampaikan bahwa proses pemindahan pengungsi tersebut dimonitor langsung oleh Tim Kemenkopolhukam RI dan Tim Kemendagri serta Satgas Penanganan Pengungsi Luar Negeri Pusat. Kesbangpol sudah berkoordinasi terlebih dahulu, saat menyiapkan lokasi sesuai dengan Perpres Nomor 125 Tahun 2016 tentang Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri.

"Aturan bagi pengungsi juga sama dengan pengungsi lainnya. Mereka harus mematuhi aturan yang berlaku, menjaga keamanan, dan ketertiban, dan tidak melakukan hal-hal yang berlawanan dengan hukum," tutupnya.

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER