Kanal

Petani Sawit Geruduk Kantor Menteri Airlangga Sambil Bawa Tumpukan TBS tak Laku

JAKARTA - Massa yang tergabung dalam Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) membawa 'oleh-oleh' kelapa sawit sebanyak satu mobil pikap untuk Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam unjuk rasa di depan Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Selasa (17/5).

Tampak di atas tumpukan kelapa sawit itu dipasang poster-poster berisikan tuntutan kepada pemerintah. Poster itu berisikan 'Petani Sawit Malaysia Full Senyum, Petani Indonesia Merana', 'Apkasindo Berjuang untuk Semua'.

Orator di atas mobil komando mengatakan tumpukan kelapa sawit itu sebagai oleh-oleh untuk Airlangga. Pasalnya, kelapa sawit ini sudah tak laku imbas larangan ekspor minyak goreng dan CPO.

"Kami bawakan kelapa sawit untuk oleh-oleh Pak Menko. Tangki timbun penuh karena larangan ekspor. Tolong dicabut [larangan ekspor]," kata orator.

Petani sawit meminta kepada Airlangga untuk menerima kelapa sawit itu. Orator menyindir sengaja membawa kelapa sawit karena saat ini sudah tak bisa diolah lagi di Indonesia.

"Tolong bapak terima bapak. Karena kelapa sawit kami tak bisa diolah lagi bapak," kata dia.

Aksi demo petani sawit hari ini diklaim diikuti petani sawit anggota Apkasindo dari 22 Provinsi. Pada tuntutannya, Apkasindo meminta Presiden Jokowi untuk meninjau ulang kebijakan larangan ekspor sawit dan produk MGS serta bahan bakunya karena dampaknya langsung ke harga TBS sawit. *

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER