Kanal

Marwan Yohanis Turut Bermain Dalam Kesenian Daerah Saat Lebaran

KUANSING, Riautribune.com - Kabupaten Kuantan Singingi sangat dikenal dengan aktifitas Pacu Jalur. Salah satu kesenian yang memegang peran penting dalam kegiatan Pacu Jalur adalah kesenian Calempong Rarak Godang, yang masih hidup dan berkembang di tengah masyarakat Kuantan Singingi hingga saat ini.

Selain pada kegiatan Pacu Jalur, Calempong Rarak Godang sering dipertunjukkan pada upacara upacara adat lainnya, seperti penyambutan tamu kehormatan, memeriahkan hari besar dan kegiatan lainnya di balai adat.

Kehadiran Calempong Rarak Godang saat ini mengalami sedikit perubahan dari sebelumnya dan saat ini masih dimainkan oleh para orang tua, karena belum adanya upaya pewarisan kepada generasi muda di Kuantan Singingi.

Hal tersebut menarik perhatian anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau, H Marwan Yohanis SSos MIKom, yang menilai perlunya pelestarian kebudayaan daerah dimana salah satunya adalah Calempong Rarak Godang.

Seperti yang disampaikan Marwan saat menghadiri perayaan hari besar Idul Fitri 1443 H, di Desa Koto Benai di Kecamatan Benai, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, dimana Marwan berpartisipasi langsung dalam kegiatan adat memperingati hari besar dengan memainkan alat Ogung atau Gong pada kegiatan Calempong Rarak Godang.

"Kesenian daerah harus dilestarikan. Tentu hal ini menjadi perhatian kita agar kesenian dan adat istiadat tetap ada dan berjalan," ucap Marwan.

Ia juga mengatakan bahwa pelestarian kebudayaan bukan hanya menjadi tugas para tetua saja, tetapi juga generasi muda.

"Tentunya ini tugas semua aspek warga, termasuk generasi muda. Memang tugas kita dan para orangtua untuk memperkenalkan (kesenian daerah) dengan cara yang bisa menarik perhatian dan minat generasi milenial," lanjut Anggota DPRD Provinsi Riau dengan Dapil Kuantan Singingi tersebut.

Dalam memperkenalkan kesenian daerah tersebut yang dapat menarik perhatian anak muda, ia mengimbau kepada seluruh aspek daerah di Kabupaten Singingi agar tetap menampilkan kesenian tersebut pada kegiatan adat.

"Salah satu caranya yaitu tetap menampilkan kesenian ini (Calempong Rarak Godang) pada kegiatan adat dan menyambut tamu kebesaran," tutup Marwan. (Reynold)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER