Kanal

Arus Mudik Idul Fitri 1443 H di Pelabuhan Aliong Mulai Meningkat

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Beberapa hari menjelang Idul Fitri 1443 H/2022, ada kenaikan penumpang pada arus mudik dari Panipahan, Pasir Limau Kapas (Palika), ke Bagansiapiapi, Selasa (26/04/2022).

Diprediksi penumpang speedboat pada arus balik dan arus mudik Idul Fitri 1443 H/2022 ini akan terjadi lonjakan, disebabkan dua tahun belakangan terjadi penurunan penumpang akibat wabah Covid-19.

Pemilik speed boat Sabar Jaya, Sutikno mengatakan ada peningkatan penumpang dari Panipahan ke Bagansiapiapi. Namun,  kata Sutikno, peningkatannya tidak banyak. 

"Tapi tidak banyak. Nanti beberapa hari sebelum lebaran akan ramai," kata Sutikno, pengelola speed boat yang melayani rute Bagansiapiap ke Panipahan, dan Panipahan ke Bagansiapiapi di pelabuhan Aliong,  di Jalan Pelabuhan Baru. 

Selaku pengelola angkutan penumpang cepat, dikatakan Sutikno, pihaknya sudah mengantisipasi jika terjadi peningkatan penumpang pada arus balilk dan arus mudik tahun ini dengan menambah trayek keberangkatan.

"Kalau biasanya satu kali, kita tambah jadi dua kali. Tapi mungkin pada dua hari jelang Idul Fitri dilakukan penambahan trip. Kita lihat situasi," jelas Sutikno. 

Penumpang anak-anak diprediksi juga meningkat, disamping meningkatnya penumpang dewasa. 

"Penumpang usia 15 tahun ke atas dikenakan tiket penumpang. Sedangkan penumpang usia 15 tahun ke bawah bebas biaya tiket," tandas Sutikno. (amran)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER