Kanal

Amien Rais Minta Masa Pemerintahan Jokowi Selesai Oktober 2024

JAKARTA, Riautribune.com - Ketua Dewan Syuro Partai Ummat Amien Rais mengkritik Presiden Joko Widodo dan Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan terkait dengan keinginan untuk menambah masa jabatan presiden menjadi 3 periode.

"10 tahun belum cukup. Masih mau lagi. Jika tiga periode tak kita halangi, itu bakal macam-macam," kata Amien dalam videonya di kanal YouTube Amien Rais Official, Sabtu (2/4).

Melihat itu, Amien berharap Jokowi dan Luhut bisa berakhir kekuasaannya pada Oktober 2024 mendatang. Artinya, tak ada lagi wacana perpanjangan presiden dan tetap patuh pada UUD 1945 berlaku saat ini.

Ia pun meminta kepada Jokowi dan Luhut tak membuat gerakan politik seperti zaman Orde Baru untuk melanggengkan kekuasaannya.

"Kita masih terngiang [saat Orde Baru] bagaimana dibodohi dan ditekan menggunakan berbagai cara sebuah tujuan politik yang itu jahat, termasuk kriminal," kata Amien.

Di sisi lain, Amien juga menuding pemerintahan Jokowi saat ini sebagai rezim yang paranoid. Salah satu cirinya, kata dia, rezim ini merasa tak pernah aman ketika memerintah. Kemudian, menutupi kelemahannya itu dengan menggertak dan mengerahkan massa.

Karenanya, Amien menilai Jokowi tak kompeten sebagai pemimpin karena tak tahu kapan harus mundur dari jabatannya sebagai presiden. Terlebih, UUD 45 saat ini sudah jelas dikatakan Presiden hanya dipilih 2 kali saja.

Terkait wacana 3 periode, Presiden Joko Widodo sudah angkat suara dan meminta semua pihak tetap harus patuh terhadap konstitusi. Jokowi tak ambil pusing dan hanya menganggap seruan tersebut hanya keinginan dari masyarakat yang biasa ia dengar. 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER