Kanal

Tundukkan Valencia, Madrid Geser Atletico

MADRID – Real Madrid berhasil naik ke posisi dua La Liga 2015-2016 usai mengalahkan Valencia dengan skor 3-2. Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan menggeser Atletico Madrid yang menelan kekalahan dari Levante dengan skor 1-2 di saat yang bersamaan.

Saat ini Madrid duduk di posisi dua dengan koleksi 87 poin, sementara Atletico di tangga ketiga dengan raihan 85 poin. Sementara Barcelona masih di puncak klasemen dengan poin 88. Lionel Messi dan kawan-kawan berhasil mengalahkan Espanyol dengan skor 5-0 di jornada 37.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Real Madrid menjamu Valencia di lanjutan La Liga jornada 37, Minggu 8 Mei 2016 malam WIB. Kemenangan menjadi target utama demi menjaga asa kampiun La Liga 2015-2016.

Pada laga kali ini, pelatih Madrid yakni Zinedine Zidane menurunkan pemain terbaik termasuk Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema. Madrid hanya minus Keylor Navas dan Gareth Bale yang tengah cedera. Begitupun dengan Los Che yang menurunkan pemain-pemain terbaiknya pada laga kali ini.

Los Blancos –julukan Madrid– lebih mendominasi jalannya pertandingan. Namun, Ronaldo dan kawan-kawan kesulitan membongkar pertahanan Valencia yang dipimpin Skhodran Mustafi.

Setelah terus-menerus menekan, Ronaldo berhasil memecah kebuntuan Madrid pada menit 26. Gol bermula dari umpan mendatar Marcelo Vieira, Ronaldo dengan tenang melepaskan sepakan keras kaki kanan dari luar kotak penalti untuk membobol gawang Valencia. Skor 1-0 untuk Madrid.

Tak ingin kehilangan poin di kandang lawan, Los Che –julukan Valencia– meningkatkan intensitas serangan. Pada menit 36, Paco Alcacer yang sudah tak terkawal gagal menceploskan bola karena tendangannya masih melambung.

Namun, justru Madrid yang berhasil mencetak gol kedua Karim Benzema pada menit 42. Penyerang berpaspor Prancis itu berhasil memanfaatkan kemelut di muka gawang Valencia untuk melepas sepakan terukur ke gawang Diego Alves. Skor 2-0 untuk Madrid dan bertahan hingga babak pertama usai.

Babak Kedua

Di awal babak kedua, pelatih Pako Ayestaran memasukkan dua pemain yang bernaluri menyerang yakni Santi Mina dan Andre Gomes. Masuknya kedua pemain tersebut membuat serangan Valencia lebih terstruktur.

Hasilnya, Valencia berhasil memperkecil kedudukan pada menit 56 lewat Rodrigo. Gol bermula dari kemelut di depan gawang, bola liar mengarah ke kaki Rodrigo yang langsung melepaskan sepakan keras untuk merobek gawang Madrid kawalan Kiko Casilla. Skor masih 2-1 untuk keunggulan Madrid.

Berselang dua menit, Ronaldo mencetak brace atau gol kedua di laga kali ini. Lewat serangan balik cepat, kapten Timnas Portugal tersebut berhasil mendahului pemain-pemain Valencia. Ketika memasuki kotak penalti, Ronaldo melepas tembakan keras kaki kiri untuk menjebol gawang Alves. Skor 3-1 untuk keunggulan Madrid.

Fans Madrid memberikan penghormatan kepada Alvaro Arbeloa yang masuk menggantikan Cristiano Ronaldo pada menit 79. Madridista –sebutan fans Madrid– membentangkan kostum raksasa bertuliskan nomor kostum beserta nama Arbeloa di tribun Santiago Bernabeu. Hingga menit 79, skor 3-1 untuk keunggulan Madrid atas Valencia.

Namun, keluarnya Ronaldo membuat Madrid agak goyah. Terbukti Valencia berhasil memperkecil ketertinggalan pada menit 81 lewat Gomes. Gol tercipta setelah gelandang berpaspor Portugal melepas tembakan keras dari luar kotak penalti yang tak dapat ditahan Casilla. Skor 3-2 masih untuk keunggulan Madrid.

Namun, petaka harud diterima Valencia. Pada menit 83, sang pencetak gol pertama yakni Rodrigo dikartu merah wasit. Alhasil, Valencia kesulitan menyamankan kedudukan dan skor 3-2 untuk keunggulan Madrid pun bertahan hingga akhir laga.(okz/rt)
 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER