Kanal

XL-PPM Manajemen Luncurkan "Kisah Sukses Merger XL-AXIS"

MEDAN-riautribune: PT. XL Axiata Tbk (XL) berharap bisa berbagi pelajaran dan pengalaman berharga dalam melakukan merger dan akuisisi XL-AXIS. Jalan berliku yang pernah XL alami tersebut tertuang dalam buku berjudul “Sukses Merger XL-AXIS, 70 Persen Merger & Akuisisi Gagal! Bagaimana XL-AXIS Bisa Berhasil?” yang diterbitkan oleh PPM Manajemen. Buku tersebut akan menjadi referensi berharga bagi kalangan bisnis dan regulator bidang telekomunikasi, akademisi, dan masyarakat luas atas suatu proses merger dua perusahaan telekomunikasi di Indonesia.

Former Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi, mengatakan, aksi korporasi yang lakukan adalah proses bisnis yang sebenarnya biasa. Namun kemudian menjadi fenomena karena proses konsolidasi di dua perusahaan yang melebur jadi satu seperti ini belum pernah dilakukan operator telekomunikasi di Indonesia. Padahal, wacana konsolidasi sudah cukup lama diperbincangkan dan bahkan didorong pemerintah, mengingat kondisi industri telekomunikasi kita pemainnya banyak, namun sumberdaya frekuensi terbatas. Di sisi lain permintaan pelanggan atas layanan data yang berkualitas terus meningkat.

Hasnul menambahkan, proses merger dan akuisisi XL-AXIS memang tidak mudah. Selain harus menghadapi berbagai persoalan administratif, juga harus sinkron dengan segala regulasi yang berlaku. Selain itu, karena merger dan akuisisi operator adalah hal baru, maka seiring dengan berjalannya proses tersebut juga muncul berbagai diskusi. Baik menyangkut tatacara, substansi merger, dan segala konsekuensi yang harus ditanggung oleh XL. Menurutnya, banyak merger yang tidak berlangsung dengan sukses.

Dalam buku yang disusun Tim PPM Manajemen tersebut, XL menyampaikan lika-liku proses merger dan akuisisi yang cukup rumit. Buku ini selanjutnya akan diberikan kepada para pemangku kepentingan yang terkait dengan kebijakan mengenai merger di industri telekomunikasi. Juga kepada kalangan pelaku industri, asosiasi di bidang telekomunikasi serta akademisi.

Buku ini disusun melalui wawancara kepada hampir semua figur kunci yang terlibat dalam proses merger. Termasuk juga para narasumber dari regulator, Axiata, Saudi Telecom Corp sebagai pemilik AXIS, serta tentunya managemen XL yang terlibat langsung. Tim PPM juga membahasnya secara akademis dari sudut pandang ilmu manajemen bisnis. (rls/ehm)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER