Kanal

Dua Puskesmas di Kampar diresmikan

BANGKINANG KOTA, Riautribune.com - Dua Puskesmas di Kabupaten Kampar yakni Puskesmas Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu dan Puskesmas Laboy Jaya Kecamatan Bangkinang diresmikan Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, Kamis.

Peresmian secara simbolis dilakukan di UPT Puskesmas Kubang Jaya dihadiri Kapolres Kapolres Rido Rolly Parsaoran Purba, Anggota DPRD Kampar Anatona Nazara, Staf Ahli  Bustan, Kadis Kominfo Yuricho Efril, Camat Bangkinang Ganda Putra, para kepala desa se-Kecamatan Siak Hulu.

"Ini sebagai mewujudkan visi dan misi pemerintah dalam peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar mulai mendirikan dua Puskesmas," kata bupati.

Dia juga menyampaikan meski pengurangan anggaran mulai dari pusat untuk penanganan COVID, akan tetapi Pemda Kampar masih bisa membangun infrastruktur khususnya pembangunan pusat kesehatan masyarakat. 

"Dengan membangun puskesmas yang lengkap adalah salah satu dasar upaya dalam peningkatan pelayanan semaksimal mungkin kepada masyarakat, dalam bidang kesehatan khsususnya untuk masyarakat yang berada di kecamatan tersebut," jelasnya. 

Puskesmas yang dibangun saat ini tidak jauh beda dengan rumah sakit lainnya, dilengkapi dengan IGD, ruang rawat inap, dokter, tenaga medis, tenaga perawat serta dibuka dalam waktu 24 jam termasuk Sabtu dan Minggu. 

Sementara itu, Plt Kadis Kesehatan Rahmad dalam laporannya menyampaikan bahwa dengan tersedianya fasilitas merupakan faktor penunjang dalam meningkatkan profesional petugas
kesehatan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. 

"Sesuai dengan fungsinya, bahwa Puskesmas merupakan garda terdepan atau ujung tombak tempat dalam pelayanan kesehatan di pelosok desa," ucapnya. 

Pembangunan kedua Puskesmas ini menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus 2021. Untuk Puskesmas Kubang Jaya menggunakan anggaran sebesar Rp4,528 miliar dan Laboy Jaya sebesar Rp4,491 miliar. 

Selain pembangunan dua Puksesmas, pada tahun 2021 juga dilaksanakan program dengan menggunakan DA dalam perbaikan Instalasi Farmasi Kesehatan, Laboratorium Daerah, serta pengadaan mobil Promosi Kesehatan Kabupaten Kampar. 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER