Kanal

Pusdatin Kemensos Adakan Bimtek Penggunaan Aplikasi SIKS-NG

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Pemkab Rohil melalui Dinas Sosial (Dinsos) Rohil melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimbtek) Penggunaan  Aplikasi Sistem Kesejahteraan Sosial-Next Generation (SIKS-NG), Kamis (10/03/2022) di Hotel Kesuma, Bagansiapiapi. 

Bimtek ini diikuti sejumlah Camat, Lurah, Penghulu, staf kecamatan se Rohil yang mengurus Program Keluarga Harapan (PKH),   petugas pendamping PKH se Rohil, serta staf Dinsos Rohil. 

Bimtek itu menghadirkan dua tutorial dari Pusat Data dan Informasi Terpadu (Pusdatin)  Kementerian Sosial (Kemensos) RI, Jakarta, yakni Teguh Setia Dharma, dan Anggiat Marbun. 

Menurut Teguh Setia Dharma, aplikasi ini merupakan aplikasi nasional untuk menginput data penerima segala jenis bantuan pemerintah.

"Aplikasi ini agar penerima bantuan sosial tepat sasaran, dan sesuai dengan DTKS (Data Terpadu Keluarga Sejahtera)," kata Teguh Setia Dharma, diacara yang disejalankan dengan Peningkatan Kemampuan Potensi Pekerja Sosial Melalui Sosialisasi Permensos No 3 /2021.

Aplikasi ini, katanya, berbasis android, dengan penginputan pengajuan data siapa saja  yang akan mendapatkan bantuan pemerintah dapat langsung dilakukan oleh staf dari kelurahan dan kepenghuluan, tanpa melalui input data di Dinsos.

"Masyarakat yang belum terima (belum terdaftar) dapat langsung dimasukan usulan atau perbaikan data melalui aplikasi SIKS-NG," jelasnya. 

Disampaikan Teguh Setia Darma, daerah harus segera melakukan perbaikan data yang diajukan sebelum Kemensos RI mengeluarkan surat keputusan siapa saja penerima bantuan sosial tahun anggaran 2022-2023. 

"Operator dari sistim aplikasi ini adalah staf yang ada di kelurahan dan desa, serta Dinsos sebagai koordinator. Operator-operator inilah kaki tangan dari Dinsos dalam mengajukan dan memperbaiki data Bansos dan DTKS," tandasnya. 

Acara Peningkatan Kemampuan Potensi Pekerja Sosial Melalui Sosialisasi Permensos No 3 /2021, dan Bimbtek Penggunaan Aplikasi SIKS-NG, dibuka Asisten II Setda Rohil H Ali Asfar, Kadis Sosial Rohil H Junaidi Saleh, Camat Bangko Aspri Mulya, sejumlah lurah, datuk dan datin penghulu, serta lainnya. (amran)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER