Kanal

Jumat, Gubri Definitif Dilantik

PEKANBARU-riautribune: Kabar gembira kembali disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tjahjo Kumolo. Mendagri menegaskan bahwa dirinya sudah menerima Keputusan Presiden (Kepres) RI Joko Widodo terkait surat pengangkatan gubernur definitif dua provinsi. Yakni Provinsi Riau dan Sumatera Utara (Sumut) yang kini masih dijabat pelaksana tugas (Plt) gubernur. Mendagri juga memberi sinyal bahwa pelantikan pun bakal dilaksanakan Jumat (29/4) mendatang.

Plt. Gubernur Riau (Gubri) H. Arsyadjuliandi Rachman atau akrab disapa Andi Rachman nantinya bakal dilantik langsung Presiden RI. Andi Rachman yang dulu Wakil Gubernur ini menjabat Plt. Gubri setelah Gubri H. Annas Maamun dinonaktifkan sejak akhir 2014.

Setahun lebih menyandang status Plt. Gubri, Andi Rachman tampaknya bakal melepaskan titel sebagai Plt dan dilantik sebagai gubernur definitif. Hal ini juga bisa dipastikan setelah melihat jadwal kepulangan Presiden RI dari kunjungan kerjanya ke Eropa. Di mana Presiden dijadwalkan tiba di Tanah Air hari ini.

“Kepres pelantikan Gubernur Sumut dan Riau definitif sudah diturunkan Presiden. Sekarang tinggal menunggu waktu dan jadwal pelantikannya dari Pak Presiden,” kata Mendagri saat memberikan pengarahan di hadapan delapan bupati/wali kota dan wakilnya dari Provinsi Riau dan Sumut akhir pekan lalu.

Ketika dikonfirmasi usai pelantikan, Mendagri menyebut pelantikan bakal dilaksanakan pekan ini. “Insya Allah sepekan lagi dari sekarang (Jumat, red). Nanti dilantik definitifnya,” tambah politisi PDIP tersebut.

Sementara Andi Rachman saat ditemui di Jakarta usai pelantikan dua kepala daerah dari Riau mengakui ada perbincangan soal pelantikan dirinya dengan Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan. “Memang Pak Menko mempertanyakan tentang jadwal pelantikan. Kapan akan dilantik. Karena ini kebijakan Mendagri, jadi kami dalam posisi menunggu undangan,” kata Andi. (net/ehm)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER