Kanal

Dua Alat Berat Lakukan Aktivitas PETI Dekat Venue Dayung Porprov di Kuansing

KUANSING, Riautribune.com - Dua Alat berat kembali terpantau melakukan praktek ilegal Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Desa Bukit Pedusunan Kecamatan Kuantan Mudik, atau disekitar areal Venue Dayung Kebun Novi.

Dua alat berat yang terpantau beroperasi tersebut masing-masing merk SANY warna kuning dan HITACHI warna orange. Dari keterangan sumber pemain PETI menggunakan alat berat ini adalah ANP.

"Ya masih beroperasi disekitaran areal Venue Dayung Kebun Novi. Aktivitas ini tentunya dapat merusak Danau tersebut," jelas sumber yang tak ingin namanya disebutkan Selasa (22/2/2022) siang sembari memberikan poto aktivitas alat berat yang sedang beroperasi.

Aktivitas ini menurutnya sangat merusak sebab airnnya mengalir ke Danau Kebun Novi yang merupakan Venue Dayung tempat bakal digelarnya lomba dayung ajang Porprov X Riau nanti.

"Airnya sudah keruh, jika aktivitas ini masih berlangsung, maka akan mencemari Danau Venue Dayung. Tentunya kondisi ini tidak kita inginkan sebab merusak pemandangan. Apalagi nanti tamu yang datang dari luar daerah," kata sumber.

Sumber berharap supaya pihak berwajib menertibkan aktivitas tersebut, sebab keberadaanya sudah sangat meresahkan, terutama dampak air yang ditimbulkan yang sudah keruh.

Selain itu, aktivitas ini menurutnya jelas melanggar UU karena merupakan tindak pidana berdasarkan Pasal 158 dan Pasal 160 UU tentang Pertambangan. (Okta)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER