Kanal

Harapan Jokowi untuk Sepakbola Tanah Air

JAKARTA – Sejumlah perwakilan klub-klub sepakbola Indonesia dan pengurus Asosiasi Provinsi (Asprov) mendatangi Istana Merdeka pada Jumat (15/4/2016). Pada pertemuan tersebut Presiden RI, Joko Widodo, meminta semua pihak untuk terlibat dalam reformasi sepakbola.

Jokowi berharap dunia sepakbola Indonesia direformasi secara total. Menurutnya, itu bukan hanya menjadi harapannya, tetapi juga harapan rakyat Indonesia.

“Untuk itu reformasi persepakbolaan nasional kita tidak boleh tanggung-tanggung dan tidak boleh berhenti. Saya ingin betul-betul ada sebuah reformasi total dan kita harapkan nanti muncul klub-klub bola, tim nasional menjadi betul-betul disegani, paling tidak di asia atau nanti bisa masuk lagi ke tingkat dunia. Saya kira itu keinginan rakyat, keinginan kita semua,” ujar Jokowi kepada wartawan, Jumat (15/4/2016).

Meski secara peringkat Indonesia masih di bawah negara-negara Asia lainnya, namun Jokowi menilai antusiasme pendukung sepakbola Tanah Air tidak kalah dibanding negara lainnya. Jokowi menilai sepakbola Indonesia berpeluang menembus pentas internasional jika betul-betul dibenahi.

“Jika dilihat dari data-data digital, di sosial media yang memiliki fanatisme yang sudah terbentuk itu adalah Indonesia. Peluang ini sebetulnya memberikan optimisme, prospek ke depan pesepakbolaan indonesia, asal kita kelolanya dengan betul dan benar. Saya yakin bapak ibu sekalian mampu lakukan itu,” pungkas Jokowi.(okz/rt)

 

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER