Kanal

Puluhan Anak-Anak di Kecamatan Bangko Banyak yang Tidak Sekolah, Alasannya.....

BAGANSIAPIAPI, Riautribune.com - Pemerintah telah mewajibkan wajib belajar 12 tahun kepada anak-anak usia sekolah. Namun, masih saja ada anak-anak yang diusia wajib belajar ternyata tidak bersekolah. 

Di Kecamatan Bangko,  di Kepenghuluan Bagan Punak Pesisir, ada belasan anak-anak yang tidak sekolah dan putus sekolah. Secarapasti berapa.jumlahnya tidak diketahui.  

"Kalau dikira-kirakan jumlahnya ada belasan orang. Itu di Jalan Pusara 1 dan Jalan Pusara 2," kata Edi Kasbi, warga Jalan Pusara 1, Kepenghuluan Bagan Punak Pesisir, Kecamatan Bangko, Senin(14/02/2022).

Anak-anak yang tidak bersekolah ini ada yg berusia dibawah sepuluh tahun dan ada pulanyg berusia belasan tahun. Mereka ada yang sudah beberapa tahun tidak bersekolah lagi. 

"Aktifitas mereka sehari-hari,  jalan-jalan, atau main-main (keluyuran) kesana-kemari," ujar Kasbi.  

Banyak sebab, kata Kasbi,  kenapa anak-anak tersebut tidak lagi bersekolah. "Sebab tidak sekolah ya macam-macam.  Ada disebabkan anak tidak mau sekolah,  ada yang disebabkan faktor ekonomi,  dan disebabkan faktor orangb tua yang tidak perhatian pada anak-anaknya," jelas Kasbi.  

Di Kelurahan Bagan Hulu,  juga banyak anak-anak yang tidak nersekolah.  Aktifitas anak-anak tersebut hampir sama. Selain keluyuran tidak ada kegiatan,  mereka juga kerap terlihat merokok beramai-ramai. (Amran)

Ikuti Terus Riautribune

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER